(Share) Microphone External Action Camera Xiaomi Yi

img_20160429_184124_zpskpy6qnvu

Kali ini mau share lagi masalah action camera. gak jauh-jauh dari post sebelumnya yang modifikasi filter 37mm buat xiaomi yi yang sebenernya kurang ada fungsinya 😆 kali ini mau sharing masalah modifikasi microphone eksternal untuk xiami yi dengan tampilan clean dan seperti bawaan pabrik :mrgreen:

untuk saya, punya dan pake action camera pasti harus bisa ngerekam audio atau suara secara baik. nah berhubung saya cuman bisa beli kamera yang murah tetapi kualitas video dan fotonya bisa dipertanggung jawabkan (kamera saya sebelumnya 8ten 3 dan 5 mp kurang bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya) saya rada kecewa dengan xiaomi yi ini. kenapa? karena audio yang ditangkapnya sangat tidak bisa dipertanggung jawabkan.

oleh karena itu saya inisiatif memodifikasi action camera saya bermodalkan nekat saya mengirim kamera saya ke sidoarjo untuk dilakukan operasi yang gak bisa dibilang kecil tapi bisa dipastikan hasilnya optimal (cukup untuk saya).

setelah datang, dengan semangat 45 saya lihat bentuk dan hasil modifikasi microphone eksternal. penampakannya seperti ini :

img_20160518_204207_edit_zpsdvlm1mqk

cukup dan bisa dibilang sangat rapih dibanding tutorial yang saya liat di youtube atau postingan orang yang menurut saya hasilnya cukup ngerusak mata wekekekek.. 😆

dengan memanfaatkan soket jack TRRS kualitas suara yang bisa ditangkap xiaomi yi meningkat bisa dibilang 95% lebih baik dalam hal penerimaan audionya. tetapi, untuk bisa menangkap suara yang baik gak bisa asal main colok aja. harus dipersiapkan perlengkapan lainnya seperti :

img_20160518_204009_edit_zpsksvsdgec

Kabel Splitter 3.5mm microphone & headphone jack

apa fungsinya? adaptor tersebut berfungsi menrubah jack TRS menjadi TRRS. TRS TRRS apa itu? TRS dan TRRS adalah seperti ini :

img_20160518_204055_edit_zpsfc51ynyt

karena TRRS adalah jack yang dalam 1 socket terdapat konektor untuk audio dan microphone secara bersamaan sementara jack microphone adalah jack yang terdiri dari audio input, oleh karena itu perlu adaptor untuk membagi bagian yang ada didalam jack trrs. dan itulah alasannya mengapa disebut kabel splitter yang dimana kabel tersebut memisahkan 2 input, yaitu input headphone dan input microphone seperti ini :

 

img_20160518_204129_edit_zpsnzwmdjgu

beda jenis/bentuk splitter biasanya beda warna dan bentuk

ketika kabel adaptor sudah dapat, jack microphone bisa difungsikan sebagaimana fungsinya secara 100% normal. kurang lebihnya seperti ini ketika terpasangnya :

img_20160518_204551_edit_zpsea6zhdz7

untuk hasil audio/ rekamannya saya gak ada. gak pede sama suara sendiri 😆 tapi saya bisa bilang audio input di xiaomi yi saya meningkat signifikan dan bisa dipertanggung jawabkan (cukup untuk saya) 🙂

oiya microphonenya gak harus lavalier mic. seharusnya shotgun mic juga bisa asal soket jacknya TRS. tapi saya baru coba untuk lavalier microphone 😀

sekian sharing saya, semoga bermanfaat 😀

tempat modifikasi mic external di facebook :

https://www.facebook.com/groups/RidwanWRE

update terbaru, sekarang saya udah ganti jack input microphone menjadi TRS. jadi sudah tidak perlu adaptor lagi. dan kata yang modip, generasi modifikasi mic sekarang sudah semua TRS. bukan TRRS lagi 🙂

About anggiwirza

currently on hiatus

Posted on 19/05/2016, in Lain, modifikasi, sharing, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. kenapa harus pakai spliter boss?
    cb ente buka dah dalemannya bikin skema jalurnya pingin juga neh pasang mic external

    • kenapa kan sudah diterangkan diatas 🙂

      untuk bongkar saya gak berani. karena bukan saya yang bikin. dan kalo rusak harus saya kirim ke sidoarjo lagi 🙂

  2. biaya pasang jack nya brp mas ?

  3. gan saya mau nanya tentang mod xiaomi. kalau kita mod xiaomi kita ada kendala gak kalau udah di mod misalkan kamera gak hidup suara gak muncul gak bisa masuk memori dll

    • kalau di xiaomi yi saya, sampai saat ini tidak ada kendala gan.

      emang agan sempet kejadian hal kayak gitu?

  4. hahaha knapa gak langsung pasang lubang jacck yg TRS aja.. kan jd ribet tuh pake spliter segala

    • karena saya pesen ke orang buat ngerjain gan. saya juga gak kepikiran sampe kesana. taunya pas udah jadi baru ngeh wkwkwkwk..

      tapi gak masalah ah splitter gini gak ribet juga. kecuali dibuat ribed :v

  5. gan klo brica bisa di mod ga??

  6. Bermanfaat gan 😁 Makasih Infonya 😁

  7. gan, info dong dimana tempat modifnya

    • itu ada gan diatas link facebook tempat modifnya. langsung kesana aja. takutnya ada perubahan harga 🙂

  8. Cek modif yg lebih mirip bawaan pabrik di sini:
    Biaya 150rb bisa langsung pake mic TRS hrg 30rb, hasilnya mantab…

  9. Gan udh pernah pake adapter microUSB/mini usb to 3.5 jack belum??
    sebelum mod mic nya..
    ane penasaran Adapter micro/mini usb to 3.5mm jack bisa konek jd mic gk yaa?

  10. Bang… Mau tanya dong ini kamera gua pas sudah ngevlog abis itu ngeliat hasilnya kok tidak ada suara ya? Suaranya cuman kresek” Gitu

  11. bang mau tanya,kalo jalur micnya udah rusak gimana ngakalinya.untuk xiaomi yi cam.

Tinggalkan komentar