(DIY) Vignette CPL dan UV Filter Xiaomi Yi Action Camera 37mm

img_20160229_174851_zpshzwezzlj

Buat yang pake action camera, atau kamera kayak dslr pasti kenal sama yang namanya filter dibagian lensa. macemnya banyak, ada ND,cpl/polarized, UV filter, dll

kalo buat saya, filter yang saya tau ya cuman 3. ND (Neutral density) , Polarized, UV. yang lainnya enggak. masing-masing punya fungsi yang berbeda begitu juga kelebihan dan kekurangannya.

balik ketopik, kebetulan saya orangnya “gatel” sama sesuatu yang baru apapun itu jenisnya. karena belom lama ini baru punya action camera yang “lumayan” kualitasnya, gak ada salahnya coba asesoris pendukung kayak filter lensa.

saya beli 2 filter, cpl/polarized dan UV filter. ukurannya 37mm. pas awal pesen emang rada ragu karena beberapa kasus dan hampir kejadian adanya vignette dipinggir lensa/gambar yang diambil. tapi karena budget berbicara biarin aja mari kita coba. kalo gak dicoba cuman denger katanya doang:mrgreen:

begitu filter dateng, seneng dong langsung pasang dan hasilnya mengecewakan😆

vingnette parah :

DCIM100MEDIA

 

gak pake lama, jiwa tukang oprek pun bangkit. jangan lupa sebelumnya disiapin alat-alatnya :

img_2965_zpsbrhqwfex

  1. ragum
  2. amplas
  3. kikir
  4. bor
  5. gerinda (saya pake gerinda bor atau stone sand kata kotaknya)
  6. handphone (buat cek vignette tapi gak difoto)
  7. xiaomi yi itu sendiri buat ngetestnya.

langkah pertama mencopot filter dari dudukannya dan dikikir dengan kikir. kalau ada gerinda duduk lebih enak gak pake tenaga otot😀

img_2968_zpskst2dye4

dikikir dengan cara, kikir dijepit dengan ragum. dudukan filter dan bagian filter dikikir sampai tidak vignette

sampai seberapa? kurang lebih seperti ini :

img_2959_zpslhfswuuz

Bagian Depan filter CPL dikikis habis mepet dengan kuncian filter

img_2971_zpsnnkf1nln

bagian belakang dudukan filter (perbandingan dengan yang belum di kikis)

trial and error harus sering dilakuin karena gak ada tutorial yang bisa membantu, bahkan di forum/grup xiaomi yi facebook rata-rata cuman bilang cukup amplas ini, amplas itu tanpa ada step by stepnya *no offense*:/
korbannya adalah :

img_2972_zps3qcllift

Lecet sodara-sodara😥

tapi gak papa. gak ada noda gak belajar. lanjut….!!

kelar dipapras dan ditest sana-sini akhirnya hilang sudah si vignette biadap:mrgreen:

kondisi terpasang gimana?

supaya vignette hilang harus dipapras banyak sampai dudukan filter dapat duduk pada lensa xiaomi yi seperti ini :

img_2957_zps5zec0bnq

bagian ujung lensa yi timbul sedikit di dudukan filter

caranya gimana supaya bisa nimbul dikit? caranya dengan papras bagian belakang dudukan filter seperti gambar diawal dan memperbesar lubang tempat dudukan lensa xiaomi yi dengan bantuan sand stone atau gerinda batu seperti ini :

img_2967_zpstbjbrpfl

Jangan lupa dijepit sedikit dengan bantuan ragum agar tidak terbang pas dibesarkan dengan bor. yang diperbesar bagian depan dan belakangnya

berikut perbandingan dudukan filter sebelum dan sesudah dipapras. posisinya mundur drastis dan lebih proporsional menurut saya :

img_2964_zpstd6ahytn

sebelum dipapras sangan maju sekali. salah satu penyebab vignette 

img_2962_zpsddphowqs

sesudah dikikis posisi jadi lebih mundur

img_2956_zps1u3rqrpu

kondisi sebelum dikikis, ujung lensa tenggelam di dudukan filter

jangan lupa, harus pakai perasaan saat membersarkan lubang tersebut. karena saat dipasang ke xiaomi yi, dudukan filter hanya mengandalkan gigitan ke lensa xiaomi yi. kalau terlalu longgar bisa copot dan harus diakalin mungkin dengan karet gelang atau lem😆

karena saya beli 2 filter, setelah dudukan filter disesuaikan agar tidak vignette, saya coba filter satunya lagi yaitu UV filter (sebenernya ini sih filter bening biasa dengan harga segitu mana ada anti UVnya:mrgreen: ) hasilnya sangat signifikan. tidak perlu dipapras bagian depan UV filternya. cukup dudukannya saja.

kenapa demikian? karena CPL/Polarized filter untuk xiaomi yi ukuran 37mm sistemnya pakai 2 kaca yang ditumpuk jadi dia lebih tebal dimensinya dibanding uv filter yang hanya 1 kaca bening dibagian depannya. jadi mau gak mau CPL lebih banyak yang harus di kikis.

perbandingannya lumayan meskipun sudah di kikis :

img_2969_zpsrtvjczlv

kiri : UV filter abal-abal Kanan : CPL filter kondisi sudah di kikis.

sangat beda jauh meskipun sudah dikikis sana-sini wkwkwkwk…:mrgreen:

akhirnya bisa pakai filter murah dengan fitur polarized. meskipun kayaknya sih polarized abal-abal😆

kekurangannya adalah sekarang untuk filter CPL gak bisa pakai penutup filter bagian depannya karena sudah dipapras habis. untuk yang uv bisa karena tidak ada pengikisan dibagian depan filter.

kekurangan yang lain adalah terlihat jelek karena sehabis dikikis bagian depan filter jadi silver dan bodynya hitam. dicat ulang kelar sih tapi kurang tau ngelotok apa enggak lama-lama.

sekian DIY saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi pengguna xiaomi yi yang mau pake filter murah meriah.

nb. cara lain selain dipapras filter dan dudukannya adalah dengan mengaktifkan fitur lens distortionnya. tapi efek “fish eye” khas kamera aksi jadi hilang dan jangkauan tangkapan lensa jadi mengecil/kurang lebar.

selamat mencoba:mrgreen:

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 01/03/2016, in DIY, Lain, sharing and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. nais banged nih tutorial nya…
    gw boleh minta tolong bkinin 1 untuk yg UV filter ga om?
    karena ga ada tools nya aja sih..kalo boleh, email ya..
    perlu soale hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: