(Share) Kapok Tambal Ban Tubless Cacing Untuk Mobil

27072560_10215174799547559_3211065200525643528_n

mungkin udah banyak pembaca blog saya yang ngalamin ban kendaraannya bocor. entah mobil, motor, atau sepeda. saya juga udah pernah ngalamin dimotor dan dimobil. tapi entah kenapa baru kali ini berasa kapok banget sama ban bocor 😐 .

awalnya ban mobil bocor dan inisiatip ke tukang tambal ban buat tambal tubeless cacing, bayar 15 ribu kelar dan mobil bisa jalan dengan tenang. tapi gak lama selang beberapa bulan tiba-tiba angin berkurang cukup signifikan. test pake air sabun keluar gelembung udara dari bekas tambalan.

26815599_10215174799427556_4403454935617278194_n

Tambal Ban Cacing

akhirnya langsung saya bawa lagi mobilnya (gile kuat bener bawa mobil 😐 maksudnya dikendarai 😆 ) ketukang tambal ban biasa, tapi cuman tahan beberapa minggu. dan udah berhasil ditambal ulang selama 2x jadi total 3x tambal dilubang yang sama. dalam hati wah ini gak bener, lama-lama ban rusak dan gak aman pasti kalo lagi kebut-kebutan berkendara ditol dengan kecepatan tinggi.

tanya sana-sini disaranin untuk tambal ban tip-top atau nama lainnya tambal dalem dengan model patch. saya cari-cari di google tentang tambal ban tip-top/patch sampe liat di youtube memang kayaknya ini metode tambal ban paling baik. dan untungnya ketemu juga situs tukang tambel ban yang bisa nambal ban dalem. situsnya http://repairban.com/

langsung kesana dan prosesnya gampang ternyata tapi emang gak segampang dan secepat tambal ban cacing, kalau mau tambal ban tip-top ban harus dilepas dari velg. stepnya kurang  lebih seperti ini :

26992386_10215174799907568_4574357293113082993_n

ban dicopot dari mobil dan dicek letak kebocorannya

26815359_10215174799747564_5868916477161740195_n

setelah letak kebocoran ditemukan, bagian dalam dibersihkan pake bor dengan mata bornya seperti sikat kawat. proses ini selain untuk membersihkan permukaan,  fungsinya buat memberikan “gigitan” ketika patch tersebut di lem ke permukaan ban bagian dalam

26993957_10215174800267577_3851248026271302015_n

setelah proses kedua, disekitar ban yang bocor diberikan lem dan ditengah yang kotak item seperti “daging” tambahan biar bisa kuat nutup lubang. (patchnya yang sebelah kiri)

26815544_10215174799667562_736970994456442136_n

setelah lem rada kering, patch ditempelkan dan gak lupa ditekan pake roller kayu supaya bisa nempel maksimal dan rata.

 

akhirnya proses tambal ban tip-top selesai. ban tinggal dipasang kembali ke velg dan mobil. lama pengerjaan sih sebentar kalo gak pake antri. saya kemaren gak sampe 30 menit. hasilnya tekanan ban kembali normal. gak berkurang drastis seperti sebelumnya. tekanan berkurang pasti ada, tetapi gak drastis kayak pas ban ditambal dengan metode cacing 😀

oiya setelah pemasangan ban ke velg tidak dilakukan balancing ulang karena sebelum ban dicopot, titik ban yang dekat pentil ban diberi tanda dan dipasang persis dititik semua jadi tidak merubah posisi ban.

untuk harga bervariatif. tergantung besar lubang kebocorannya. harganya bisa diliat situs repair ban diatas. takutnya ada perubahan harga. kalo saya kemarin kena harga yang lubangnya paling kecil 🙂

 

nb. sebenernya tambal ban cacing gak masalah untuk dilakuin. saya juga dimotor tambal ban tubeless cacing dan gak ada masalah sampe bannya diganti. untuk pertolongan pertama tambal ban tubeless cacing memang sangat membantu. tapi kalo untuk umur keawetan sih lebih unggul metode tip-top (tambal ban tiptop di ban mobil saya sudah hampir 6 bulan dan awet). tapi harganya lebih mahal karena prosesnya pun lebih banyak dibanding tambal ban tubeless cacing 🙂

 

semoga bermanfaat 🙂

Iklan

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 20/11/2015, in Otomotif, roda empat, sharing, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. bener mas tambal ban tip tip lebih awet dan tentu lebih mahal, di surabaya sendiridikisaran harga 30 ribu per lubang. kalau tambalan cacing cuma 15 rebu. oh iya sebenernya tambalan cacing kuat dan awet juga tergantung cara memasangnya sih.

    • mas yg disurabaya tambalnya dmna ya??makasih. apa juga bisa untuk motor n max?

      • untuk surabaya kurang paham mas..

        coba main ke toko ban mobil yang cukup besar dilokasi mas.

        nanti ditanya bisa tambal tiptop gak.

        tapi biasanya kalo disuruh bongkar pasang ditempat bengkelnya gak mau. biasanya kalo bawa velgnya aja mau (kayaknya)

      • tambal ban tip top ada dimana aja kok, tukang tambal dipinggir jalan yang ada mesin bongkar pasang ban nx itu pasti ada, tanya aja bisa tambal tip top gak gitu. biaya cuma 40 ribuan, bisa buat ban motor tubless, pengerjaan sekitar 30 menit an. surabaya nya mana, di daerah jalan ngesong banyak kaya nya sya lihat

  2. mas itu tempat tambal ban boleh minta alamatnya ndak? terima kasih. soalnya lagi cari juga untuk masalah ban yang kena paku nih

  3. mas,prosesnya nambalnya gak di pres pake termopres ya…

    • prosesnya seperti yg diatas mas..

      dia gak di press tapi ditekan dengan roll kayu sampai lemnya rata tertempel dibidang penambalnya 🙂

    • ya ada yang pake itu, jadi nanti mirip kaya tambal ban dalem yg bocor, di press pake alat pemanas dari listrik kurang lebih 20 menit an agar penambal menjadi satu sama ban. . . kalopun gak pake pemanas dan hanya di tekan pake kayu gak masalah, kan tambalan dari dalam ban dan tekanan juga dari dalam kluar, semakin keras ban semakin kuat itu penambal menutup lubang

  4. Saya yang punya Id info bagus diatas, pengalaman tambal ban cacing, ketika dipakai terus menerus, terutama jika sering kena air, lama kelamaan karet lem dari penambal cacing akan terkikis dan bisa bocor kembali, bocor alus istilahnya dan perlu diganti dengan tambal ban cacing yang baru, itupun kali masih bisa diganti tubeless cacing yang baru, kalo gak bisa terpaksa harus tip top dan dikasih ban dalam. semoga bermanfaat

    • iya ditambal balik pake tambal cacing bisa. tapi musti 2x kerja atau lebih.

      kalo itungannya tambal tiptop 50 ribu dan bisa bertahan sampai masa pakai ban habis, jatohnya murah dan irit waktu untuk bolak-balik ke tukang tambal ban 🙂

      dari segi nilai ekonomisnya tetep tambal ban tiptop lebih baik *menurut saya

  5. Bakhruddin syukur

    Akooorrr saya pakaii tiptop sdh 6bln…..sip mudah2an aman pakai didepan lagi (rh ) smoga Allah slalu melindungi setiap perjalanan kami aminn……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: