Modifikasi Touring Masih Diminati Lho

berawal dari obrolan iseng ada temen yang tertarik buat bikin motornya di modifikasi ala motor touring. padahal temen saya itu punya motor matic juga keren, pake jari-jari dengan ban tipis, pas dengan modifikasi matic yang lagi IN saat ini.

belom sempet aye tanya kenape mau di bikin turing, eh si temen aye ini langsung bilang ” biar enak buat jalan, pas butuh buat “cepet” sampe tempat tujuan si motor bisa sanggup yah pokoknya gak ngerepotin deh..” begitu kata dia

langsung aye kepikiran, wah ternyata motor dimodifikasi ala motor turing atau motor yang di gunakan untuk berkendara ke luar kota masih ada yang doyan ya. kirain yg doyan aye doank :mrgreen: kepikiran langsung pas dia nyebutin motor touring. pakai box utilities, ban besar, mesin motor sehat, dengan safety gear yang mumpuni.

sebenarnya, motor bergaya touring itu gampang. gak percaya? :mrgreen:

motor penulis, dengan modifikasi motor ala touring

contoh, pemakaian utilitas box berfungsi untung menaruh barang bawaan yang akan di bawa dan meminimalisir ternjadinya basah ketika di tengah jalan ada hujan.  sementara pernik lain bisa di tambahkan seperti ban tubeless.  supaya tidak repot ketika ban terkena paku. cukup 2 part itu dan dengan mengandalkan part standar yang ada di motor seperti piranti pengereman, spion, mesin dan juga yang lainnya motor kita siap di sebut motor touring :mrgreen:

penambahan lain ada juga sih. seperti yang saya lakukan di motor saya. seperti membesarkan diameter cakram depan, mengganti selang rem depan dengan kabel rem keluaran TDR,  menambahkan handguard atau pengaman tangan ketika terjadi benturan,  memasang engine bar atau besi pelindung mesin dan body ketika motor tidak sengaja terjatuh atau ketika terjadi kecelakaan, memakai tank bag untuk menaruh peta, air minum, kamera ataupun peralatan lain yang sering di gunakan. optional lainnya adalah bisa memakai setang lebar. tapi kalau saya tetap mengandalkan stang standar bawaan motor 🙂

mungkin banyak beranggapan motor beraliran touring harus pakai lampu-lampu tambahan seperti lampu strobo ataupun toa yang suaranya kayak polisi itu. padahal lampu dan toa seperti itu sangat tidak perlu di pasang di motor.  karena melanggar hukum UU lalu lintas.

di lain kata, modifikasi touring adalah modifikasi paling gampang. dengan memanfaatkan motor yang standar pabrik plus dengan penambahan part pendukung seperti box utilities  kita bisa siap turing mengelilingi indonesia. selain untuk ke luar kota, untuk pemakaian harian cocok juga. jadi bisa di bilang modifikasi yang multifungsi :mrgreen:

anda tertarik dengan aliran modifikasi ini? 🙂

About anggiwirza

currently on hiatus

Posted on 08/08/2011, in Otomotif, sharing and tagged , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Mangstaaab….
    Hanya dengan Penambahan box utilities, sudah bs disebut ala turing 🙂

  2. yohih..

    kan gw kasih kutipan juga di atas.. 😀

    untung gw udah tobat hahaha.. :mrgreen:

  3. bisa g y kalo bebek karisma dimodif jd touring

    • semua motor hampir bisa. tinggal bagaimana kita cari tempat yang tepat untuk modifnya mas.

      karisma ada juga kok yang pake box utilities atas dan samping. 🙂

  4. udah gak pake box HUHUHUHu

  5. Kebun Cendana

    minta info beli box samping dmn?

  6. Se7 pak!!!ane jg mw modif ala touring..mtr ane honda revo100,ban dpan 80/90 velg standar,blakang90/90..rncana mw gnti velg 20.5,tp kyakny hrus pke ckram,ayun g muat..sokbreker blkng d’tngiin,tp jok hrus dsesuain kyany biar g mlorot,soal toa+strobo bsa diakaln kyany..fngsi strobo dgnti dimmer,toa dgnti klakson mobil..kyakny dh ckup..

  7. tempat yg tepat untuk modif honda karisma dmn yah mas ?
    rumah saya di otista, jakarta timur

  8. Pengen om..
    Tiger gue lg proses modif ala touring..baru make hand guard,sama box givi 1 dibelakang..
    Modifan yg multifungsi,kalo kerja bisa buat naruh barang,kaya jasshujan dll.

    #salam karet bundar

  9. itu besi pelindung mesin gmn bikinya bro? abis biaya brp utk besi itu?

    • pelindung besi beli jadi bro di kucay lampung dulu pesen di kaskus 😀

      • itu besi padat ya bro yg utk pengaman, susah ga pasangnya ?

      • dari pegangannya sih besi padet bro..

        kalo pembelian di kucay dia dikasih baut yang lebih panjang dari bawaan motor. nanti tinggal diganti aja pake baut yang dari kucay

        pemasangan gampang kok, tinggal buka cover kabel kopling yg deket leher knalpot, kendorin baut pengikat rangka depan, terus dipasang 🙂

Tinggalkan komentar