Cara Menangani Rem Motor Honda Tiger Revo Seret. (DIY)

Rem. pas denger kata rem biasanya sih identik sama berhenti atau mengurangi kecepatan kendaraan. tapi dilain hal, rem juga bisa bikin pusing dan ngerepotin buat kita sebagai rider sepeda motor yg rutin tiap hari naik motor buat beraktifitas.

kejadian ngerepotinnya persis kayak simacan (nama panggilan motor saya) pas tau-tau  diajak “ngider” motor kok berasa ketahan kayak belom diservice rutin, tapi nyatanya si macan cuma keluar paling banyak 3x dalam seminggu.

cek secara kasat mata dibagian mesinnya, gak ada yang aneh diliat dan didenger. tapi pas pindah ke bagian roda didepan dan belakang ketawan lah apa yang bikin motor rasanya ketahan yaitu rem depan simacan.

pusing 7 keliling kok bisa jadi seret. mana pas dibongkar kampas rem juga pas tinggal tipis, mending coba-coba benerin aja sekalian mumpung dibongkar. kalo bener ya syukur, kalo tambah rusak ya bonus. *eh ini kebalik bukan sih?* 😀 😂

cara pertama menentukan bagian mana yang rusak adalah secara kasat mata. jadi kalo menurut analisa kesotoyan saya yang harus di cek adalah :

  1. apakah ada kebocoran
  2. apakah ada sistem mekanis yang tidak lancar/seret
  3. apakah ada keanehan di sistem hidrolis (ketika menarik handle rem)

dari semua faktor yang saya teliti sih yang aneh adalah dibagian sistem mekanis yang tidak lancar, yaitu kampas rem yang habisnya gak rata. kalau tipis dibagian diam atau bergerak sih wajar, ini tipisnya hanya 1/2 dibagian kampas yang tidak bergerak.

img_20170510_204919_zpsk1foenkl

kalo kampas rem yang tidak rata kemakannya, brarti yang harus di cek selanjutnya adalah piston kaliper. tapi dimotor saya piston kaliper masih lancar keluar dan masuk (ketika ditekan).

selain itu dibagian rel kampas rem yang dibagian bawah tidak ada keanehan yang berarti masih halus dan tidak bengkok sama sekali.

tapi, ketika saya copot baut as dudukan kampas rem, hal aneh terjadi. baut bawaan susah keluar dari lubang yang ada didalam kaliper. saya awalnya sih gak ngeh, tapi harusnya kalo gak bengkok keluar dan masuk bautnya lancar aja tapi ini harus “dipaksa”

img_20170510_174636_zpstd1pgxt3

baut seret dan harus dipaksa

akhirnya saya coba aja beli baut pengganti secara iseng kali aja yang baru lebih lancar masuknya. dan ternyata bener masukin bautnya lancar dan langsung ke ujung 😂

img_20170510_174753_zpsf8xahlmo

jadi akhirnya penyebab rem seret yang tidak merata adalah baut kampas rem bagian depan si macan (hingga saat tulisan ini diposting) yang bengkok atau memang sudah habis masa pakainya (udah mau 9 tahun) atau efek terkena hentakan ketika kena lubang pas lagi kenceng dan tiba-tiba saya ngerem sehingga bengkok. dan sekarang naik motor jadi gak berasa “ketahan” lagi semenjak bautnya diganti.

berikut perbandingan baut asli bawaan yang sedikit bengkok dan baut pengganti :

img_20170510_174522_zpsr9kgxdvr

sebelah kiri baut pengganti, sebelah kanan baut bawaan motor.

sebenernya untuk honda tiger rada-rada sulit kalau ditempat saya cari baut penggantinya. udah ke tukang sparepart selalu dikasih yang bentuknya gak sama. akhirnya beli ke tukang baut yang bener-bener khusus baut. dan sebaiknya baut yang udah bengkok dibawa untuk contoh jadi langsung nemu yang sama/persis.

semoga bermanfaat bagi kaum DIY yang sedang pusing gara-gara rem depannya macet/seret. karena kalo rem kondisinya tidak 100% rasanya was-was dijalan 😀

Advertisements

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 11/05/2017, in DIY, Otomotif, roda dua, sharing and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: