Cara Menangani Rem Motor Honda Tiger Revo Seret. (DIY)

 

27073015_10215174634023421_783032555476436212_n

Rem. pas denger kata rem biasanya sih identik sama berhenti atau mengurangi kecepatan kendaraan. tapi dilain hal, rem juga bisa bikin pusing dan ngerepotin buat kita sebagai rider sepeda motor yg rutin tiap hari naik motor buat beraktifitas.

kejadian ngerepotinnya persis kayak simacan (nama panggilan motor saya) pas tau-tau  diajak “ngider” motor kok berasa ketahan kayak belom diservice rutin, tapi nyatanya si macan cuma keluar paling banyak 3x dalam seminggu.

cek secara kasat mata dibagian mesinnya, gak ada yang aneh diliat dan didenger. tapi pas pindah ke bagian roda didepan dan belakang ketawan lah apa yang bikin motor rasanya ketahan yaitu rem depan simacan.

pusing 7 keliling kok bisa jadi seret. mana pas dibongkar kampas rem juga pas tinggal tipis, mending coba-coba benerin aja sekalian mumpung dibongkar. kalo bener ya syukur, kalo tambah rusak ya bonus. *eh ini kebalik bukan sih?* 😀 😂

cara pertama menentukan bagian mana yang rusak adalah secara kasat mata. jadi kalo menurut analisa kesotoyan saya yang harus di cek adalah :

  1. apakah ada kebocoran
  2. apakah ada sistem mekanis yang tidak lancar/seret
  3. apakah ada keanehan di sistem hidrolis (ketika menarik handle rem)

dari semua faktor yang saya teliti sih yang aneh adalah dibagian sistem mekanis yang tidak lancar, yaitu kampas rem yang habisnya gak rata. kalau tipis dibagian diam atau bergerak sih wajar, ini tipisnya hanya 1/2 dibagian kampas yang tidak bergerak.

26993686_10215174634943444_1741474800927053328_n

kalo kampas rem yang tidak rata kemakannya, brarti yang harus di cek selanjutnya adalah piston kaliper. tapi dimotor saya piston kaliper masih lancar keluar dan masuk (ketika ditekan).

selain itu dibagian rel kampas rem yang dibagian bawah tidak ada keanehan yang berarti masih halus dan tidak bengkok sama sekali.

tapi, ketika saya copot baut as dudukan kampas rem, hal aneh terjadi. baut bawaan susah keluar dari lubang yang ada didalam kaliper. saya awalnya sih gak ngeh, tapi harusnya kalo gak bengkok keluar dan masuk bautnya lancar aja tapi ini harus “dipaksa”

akhirnya saya coba aja beli baut pengganti secara iseng kali aja yang baru lebih lancar masuknya. dan ternyata bener masukin bautnya lancar dan langsung ke ujung 😂

26992272_10215174634423431_161004247332497154_n

baut lama Harus Dipaksa Untuk Masuk

27067327_10215174634463432_4578835951477197183_n

Baut baru lancar tanpa harus dipaksa

jadi akhirnya penyebab rem seret yang tidak merata adalah baut kampas rem bagian depan si macan (hingga saat tulisan ini diposting) yang bengkok atau memang sudah habis masa pakainya (udah mau 9 tahun) atau efek terkena hentakan ketika kena lubang pas lagi kenceng dan tiba-tiba saya ngerem sehingga bengkok. dan sekarang naik motor jadi gak berasa “ketahan” lagi semenjak bautnya diganti.

berikut perbandingan baut asli bawaan yang sedikit bengkok dan baut pengganti :

26904376_10215174634263427_1481510999984301502_n

sebelah kiri baut pengganti, sebelah kanan baut bawaan motor.

sebenernya untuk honda tiger rada-rada sulit kalau ditempat saya cari baut penggantinya. udah ke tukang sparepart selalu dikasih yang bentuknya gak sama. akhirnya beli ke tukang baut yang bener-bener khusus baut. dan sebaiknya baut yang udah bengkok dibawa untuk contoh jadi langsung nemu yang sama/persis.

semoga bermanfaat bagi kaum DIY yang sedang pusing gara-gara rem depannya macet/seret. karena kalo rem kondisinya tidak 100% rasanya was-was dijalan 😀

Iklan

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 11/05/2017, in DIY, Otomotif, roda dua, sharing and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. rem adalah komponen paling penting bagi kendaraan. cek sebulan sekali untuk kesalamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Terimakasih Wirza buat infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: