(DIY) Pasang AFM Air Flow Manipulation Nissan Grand Livina

 

Sekilas dulu tentang afm sebelum masuk ke cara pasangnya. AFM..? apaan sih? afm air flow manipulation adalah sebuah spacer yang dipasang setelah throttle body sebelum masuk kedalam intake. fungsinya untuk memanipulasi alur udara yang dihisap melalui corong filter udara yang pada awalnya kalau gak pake afm alirannya turbulen, menjadi aliran yang laminer agar Β aliran udara masuk ke mesin lebih cepat.

dimanipulasi supaya apa? emang standarnya jelek? gak juga. standarnya grand livina sudah baik. tapi alangkah baiknya kalau performanya dimaksimalkan, tanpa “merusak” part standar mobil itu sendiri. terlebih lagi grand livina khususnya matic terkenal lemot (saya ngalamin sendiri) apabila diisi penuh 7 orang dan ketemu jalan yang menanjak. parah banget lemotnya? enggak juga. tapi musti sabar aja pas lagi driving kondisi full load πŸ˜†

karena saya orangnya gak sabaran alias gak betah dengan kelemotan grand livina, saya coba lah menambahkan afm itu ke grand livina (bokap) saya. :mrgreen:

langsung pesen afm ke kaskus (link penjual nanti ada dibagian akhir postingan). selesai pesen dan barang sampai dirumah, langsung disiapkan alat-alatnya :

1. kunci soket ukuran 8
2. Tang

karena ada problem dikit gara-garaΒ saya gak ada kunci soket ukuran 8 dan adanya kunci T ukuran 8 akhirnya saya nambah alat :

1. kunci pas 10

langsung buka dulu afmnya dan dipelajarin dulu. untung dapet instruksi dari sellernya :

 

afm udah diliat, instruksi udah di pelajarin (walaupun gak mudeng-mudeng banget wkwkwkwk…) saatnya praktek dong 😎

1. buka kap mesin dan copot intake filter udara dengan melepas 2 klipnya

2. setelah terlepas klipnya, tarik sembari diputar2 corongnya, sehingga bisa copot

3. setelah corong copot, kendorkan klem yang nempel di throttle body dan box filter udara. disitu ada selang, entah selang apa. dikendorkan juga klemnya

4. setelah mencopot, harusnya kalau punya kunci soket bisa langsung copot 4 baut throttle body ukuran 8. cuman berhubung saya gak punya kunci soket, saya mau gak mau copot box filter udara dan aki. *peer banget ini sih*

alasan kenapa harus copot semua

toolsnya kepanjangan πŸ˜†

setelah mencopot semua, pas saya pasang afm kok gak masuk-masuk. ternyata harus ada baut yang dikendorin.Β bautnya rada tersembunyi pulak. bautnya ada dibalik selang ini. ukuran tetep baut 8 dan posisi bautnya tepat ada dibawah throttle bodynya

sudah dikendurkan, inget cukup dikendurkan saja. gak perlu sampe dicopot yang penting throttle body bisa kepasang seperti awal.saatnya nyusun afm. biar posisinya pas, posisi pemasangannya seperti ini :

kondisi terpasang :

kalau sudah terpasang seperti diatas, silahkan pasang kembali selang filter udara, corong intake filter udara dan baut yang dikendurkan tadi. kalo kasusnya saya ya mau gak mau box filter dan aki dipasang kembali. kalo gak dipasang mobilnya gak bisa idup wkwkwkwk… :mrgreen:

untuk test ride belum dicoba. tapi dari testimonialnya sih cukup signifikan perubahan performanya. semoga bukan sugesti. nanti saya update kalau sudah di test ride gimana rasanya setelah pemakaian AFM πŸ™‚

 

link seller dikaskus :

http://fjb.kaskus.co.id/product/53544b0d5bcb17166b00020a/afm-air-flow-manipulator—solusi-murmer-untuk-livina-lemot

 

nb. setelah ngalamin pasang afm, kayaknya saya saranin mending minta tolong orang yang kompeten deh seperti mekanik yang sudah dikenal. karena kalo pasang sendiri jujur aja ribed. apalagi tools yang ada dirumah gak lengkap-lengkap banget. tapi, kalo seneng ngoprek kayak saya sih itu jadi tantangannya 😎

oiya selain afm banyak kok barang sejenis yang ada dipasaran. tapi harganya udah pasti beda juga. disesuain aja dengan budgetnya. dan baca-baca dulu testimonial yang udah pasang duluan. kalo ada yang value for money dengan hasil yang sama, kenapa enggak pilih yang value for money :mrgreen:

 

semoga bermanfaat. mohon maaf kalau ada salah-salah kata πŸ˜€

Iklan

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 23/07/2015, in DIY, modifikasi, Otomotif, roda empat, sharing and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Yg bagaikan LANGIT dan bumi apaan yah om ?

  2. RIbet banget masang nya om?
    Saya cuman perlu copot selang udara nya yg dari box air fiter ke throttle body.
    Apa karena di ANGL ruang mesin nya lebih luas jadi lebih gampang? Hehehe

  3. om, antara AFM sama TPS lebih ngaruh mana ya? harga juga terpaut jauh 700 rb vs 1,1 or 2 jt.
    TPS dia ulirnya arah memutar yang 1.1 lebih pendek ulirnya dibanding yang 2 jt kalau AFM ini kan lurus saja dan lebih besar ulirnya
    ketika masuk ke ruang bakar harusnya sih udara gak berputar ya…..

    • tps apa ya om? throttle position spacer?

      saya sekarang pakai throttle body spacer keluaran raser om seri black edition.

      kalau dibandingkan sama afm ini, jelas lebih unggul tbs dari raser. dari feel power yang keluar juga lebih ngisi πŸ˜€

      harga beda jauh sama afm. kalo gak salah si tbs ini sekarang 2 jutaan πŸ™‚

      • iya TBS itu maksudnya, ok thank u ya masukannya
        sementara saya sudah pakai broquet and lg nunggu ferrox
        AFM nya pinjemin dulu aja deh, haha

      • iya berhubung afm/throttle body spacer rada mahal dan cukup mahal dimerk tertentu ada baiknya pinjem pake punya temen dulu aja πŸ˜€

        karena feel setiap orang beda-beda πŸ™‚

    • Akhirnya pakai yang mana mas bro? Gimana hasilnya? review ya.

      • gak berapa lama, saya jual mas tapi bukan gak puas, tetep puas kok gejala lemot yang biasa didapetin sama livina matik cukup terobati sama afm ini.

        saya jual afm, bukan karena gak pake livina, tapi saya pake TBS buatan raser seri black edition. hasilnya lebih baik lagi dibandingkan afm yang sebelumnya saya pasang πŸ™‚

  4. Om, kl abis pasang afm mesin perlu direset atau gak usah.. mekaniknya gak brani masangin euy.. ane juga gak phm wkwkwk

    • plug and play kok. gak harus setting ulang.. yg penting pas copot dibagian tb-nya jgn copot soket2nya. nanti check engine nyala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: