(DIY) Iseng Pasang Lampu Laser di Nissan Grand Livina

Car Laser Fog Lamp

Car Laser Fog Lamp

Kali ini mau DIY iseng-iseng aja. entah kenapa saya lagi kesambet dan beli asesoris semacam ini:mrgreen:

maksud dari pemasangan lampu ini sebenarnya iseng dan penasaran. lampu apaan sih ini kok alay banget😆

lanjut, setelah berhasil dibeli, langsung diliat isinya ada apaan aja lampu yang buatan china ini :

Isi dan Kotak Lampu Tersebut

setelah dibuka, sekarang kita persiapkan lampu tersebut agar aman ketika mencuci mobil atau sedang kena hujan. caranya dengan memberikan lem bakar/hot glue ke selah-selah kabel yang terdapat pada lampu tersebut. selain itu bagian driver juga saya isolasi full dengan isolasi listrik yang warna hitam :

letak pemberian lem bakar/hotglue

bagian driver telah dilapis dengan isolasi listrik

setelah terpasang, kita rakit lampu tersebut. pemasangannya cukup gampang dan tidak perlu keahlian khusus🙂

setelah berhasil dirakit, untuk pemasangan di kendaraan ada 2 pilihan, diantaranya menggunakan baut atau doubletape. saya memilih untuk menggunakan doubletape. kenapa? karena kalau ingin dicopot entah bosan atau rusak, tidak meninggalkan bekas dan tidak ada bolong dibody mobil.

dalam kotak lampu sudah dapat doubletape 3m. tapi gak saya gunakan. saya pake 3m vhb yang saya beli dari ace hardware😀

doubletape bawaan

Double tape 3m VHB

kenapa saya pakai 3M vhb bukan bawaan? karena saya udah pernah pakai 3m vhb ini dan hasilnya tidak mengecewakan. kuat untuk menahan beban hingga 1kg

sudah siap semua, saatnya persiapan alat yang digunakan untuk memasang lampu ke mobil. diantaranya :

yang tidak sempat terfoto kunci pas ukuran 10 untuk membuka stop lamp belakang

langkah pertama copot lampu rem belakang livina. boleh sebelah kanan, boleh sebelah kiri. tinggal seleranya gimana🙂

kemudian ulur kabel dari samping lampu plat nomer menuju ke stoplamp.

kabel sudah berhasil diulur, saatnya penyambungan kabel. agar lampu menyala, saya memakai arus listrik lampu senja. sebenernya ini bebas bisa ke lampu senja, lampu rem atau saklar sendiri yang bisa dihidupkan ketika hanya dibutuhkan saja. atau disambungkan ke saklar foglamp lampu belakang. beberapa mobil yang telah ada lampu foglamp belakang, bisa disambungkan kekabel tersebut🙂

merah kabel positif ke kabel biru. hitam negatif ke kabel hitam.

*untuk warna kabel lampu rem atau senja nissan grand livina bisa ke sini

setelah tersambung dan di isolasi dengan aman, saatnya penempelan lampu disamping lampu plat nomer belakang :

setelah terpasang, test nyala dan atur jarak sorotan lampu :

jarak yang saya atur adalah 4 langkah normal dari belakang mobil. simulasinya seperti ini :

jarak

makin jauh jarak lampu laser, semakin lebar garis yang dikeluarkan. kalo saya 4 langkah cukup pas lebarnya selebar mobil nissan grand livina.🙂

kalau masih belum paham apa itu laser light dan penampakannya, di youtube ada kok penampakannya. search aja dengan keyword “car laser fog lamp”😀

kalo butuh info penjual lampunya : https://www.facebook.com/dadho.ddeztroyer

semoga bermanfaat🙂

nb. lampu ini jika sudah diatur dan tertutup mobil, lampu tersebut tidak membuat pengemudi di belakangnya silau.🙂

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 07/06/2015, in DIY, modifikasi, roda empat, sharing and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Mas, mau tanya ni…
    Beberapa hari yang lalu saya memasang lampu ini di sepeda motor saya..namun hanya 1 hari saja sudah rusak. Lampunya masih nyala tapi lemah sekali sinar lasernya, sehingga tidam tampak di aspal saat pengereman.
    Kira2 yg rusak pada lasernya atau drivernya ya?

    • di saya juga kejadian mas. saya pusing juga. tapi kayaknya sih alatnya kesemprot air pas lagi nyuci.

      drivernya atau lampunya pun bentuknya kurang normal alias gak biasa saya liat. jadi dengan terpaksa dimasukkan ke tong sampah😥

  2. Wah perlu dicoba ini om biar bisa merasakan nikmatnya masakan melayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: