(DIY) Kabel Aux Banci Untuk GPS Superspring SF550B

judulnya aneh ya? sengaja emang. maklum blog ini udah lama mati suri😆

oke kali ini saya mau sharing DIY gimana sih cara buat kabel aux yang banci. banci disini adalah dia gak 1 ukuran. tapi ada 2 ukuran di 1 kabel aux. kenapa saya bela-belain bikin kabel aux untuk GPS? kan gps cuman buat pemandu arah? iya betul untuk beberapa GPS memang fungsinya hanya untuk pemandu arah. tapi di GPS saya ada fitur multimedia. dia bisa setel MP3 dan video yang dimana dengan adanya fasilitas aux, kita bisa sambungkan ke headunit standar grand livina (bokap) saya😆

ya aux ini dipake buat GPS murmercrot saya yang gak sampe 1jt tapi udah sukses nyelametin saya dari tersasarnya di jalan.:mrgreen: aux untuk GPS saya ini cukup unik. slot jack yang ada di GPS adalah berukuran 2.5″ dan untuk disambungkan ke Head Unit bawaan mobil adalah 3.5″. saya udah muter-muter dideket rumah saya (saya gak sampe nyari keluar daerah buat kabel aux doank:mrgreen: ) tapi apesnya saya gak nemu yang udah jadi dengan ukuran yang saya cari. jadi mau gak mau saya musti “ngerakit” sendiri.

langsung aja disiapin alat-alatnya :

1. kabel isi 3 yang dimana didalamnya ada 2 kabel untuk ke jack yang berfungsi untuk membagi antara kiri dan kanan. cukup 1 meter saja. namun tergantung kebutuhan dan posisi penempatan GPSnya.
2. solder dan timahnya
3. gunting atau cutter
4. isolasi
5. Jack stereo ukuran 2.5″ dan 3.5″ (ciri-ciri stereo jack. dia ada 2 garis hitam di jack yang akan dipasang. kalau 1 garis dia mono)
5. niat
6. kemauan

langsung kepersiapannya :

bahan-bahan disiapkan (soldernya gak sempet kefoto)

 

setelah alat dan bahan udah siap langsung deh disiapkan kabelnya. dikupas sampai berbentuk seperti ini :

 

kupas kulit luar kabel, dan kupas kembali kabelnya sesuai keperluan. kabel yang untuk kanan dan kiri terbalik warnanya gak papa🙂

 

setelah sudah, saatnya disambungkan ke jack dan disolder. untuk penyambungan kabelnya seperti ini :

skema jack (untuk yang 2.5 dan 3.5 sama saja) sekun kanan dan kiri terbalik-balik gak masalah🙂

 

hasil solderannya seperti ini :

hasil solderan amatir😆

rada gak rapih. maklum amatiran:mrgreen:

 

sudah disolder, kabel dan sekun yang terbuka ditutup dengan isolasi. bawaan jack ada cover bawaan sih, saya pake itu. tapi pake isolasi tetep bisa. setelah diisolasi dan dirapihkan jack siap digunakan🙂

 

kabel siap digunakan

 

video hasilnya :

dengan modal awal gak sampe 20 ribu udah cukup stereo.😀

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 29/08/2014, in DIY, sharing and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: