(DIY) Daytime Running Light (LED)

kali ini mau sharing lagi nih DIY DRL biar kayak mobil gaul😆

DRL itu sebenernya kalo di indonesia sih gak berfungsi-fungsi amat. tapi diluar negri sudah mulai diharuskan untuk mobil berDRL

DRL ? DRL apaan sih?

DRL itu menuru wikipedia :

A daytime running lamp (DRL, also daylight running lamp or daytime running light) is an automotive lighting and bicycle lighting device on the front of a roadgoing motor vehicle or bicycle, automatically switched on when the vehicle is moving forward, emitting white, yellow, or amber light to increase the conspicuity of the vehicle during daylight conditions.

jadi daytime running lamp itu lampu yang otomatis hidup ketika mobil berjalan supaya dapat meningkatkan visibilitas kendaraan ketika berjalan. efeknya apa? lebih safety tentunya. tapi kalo diindonesia sih jadi lebih keren. karena DRL sendiri masih digalak-kan untuk kendaraan roda 2 kan ya?:mrgreen:

lanjut. karena ini DIY DRL cukup lah ya sampe sini aja bahas DRLnya.

langsung aja disiapin bahan-bahannya :

  • DRL universal (saya pake yang murah aja 100 ribuan. gaya kan katanya gak perlu mahal-mahal yak *ngeles*:mrgreen: )
  • Relay 5 kaki (pastikan ada kaki relay yang bernomer 87a) merk bebas🙂
  • rumah relay
  • kabel
  • gunting
  • isolasi
  • kabelties
  • niat
  • kemauan:mrgreen:

 

untuk kabel, isolasi, dan kabelties kayaknya udah pada ngerti ya🙂

pertama bongkar grill. bisa diliat disini

sudah dibongkar pasang DRL ke bagian bawah bumper. saya pake doubletape + aica aibon ditambah kabelties untuk memperkuat pemasangannya.

posisi DRL :

sesudah dipasang, dirangkai deh kabelnya. karena saya pake yang model murah, jadi DRLnya hanya ada kabel positif dan negatif. karena saya pengen DRL berfungsi sebagaimana seharusnya, saya menambahkan relay 5kaki. fungsinya adalah supaya ketika ignition ON, DRL otomatis menyala. tetapi ketika lampu senja hidup, DRL otomatis mati.

kenapa saya pake relay 5 kaki dan gak pake saklar On/OFF ?
awalnya saya pake saklar, tetapi kok kurang efisien pake idup-matiin secara manual. jadi berbekal info dari KLIK (Komunitas Livina Kaskus) saya dapet nih skema pemasangannya. pemasangannya seperti ini :

lalu apakah ada DRL yang gak usah pake relay dan langsung sambung-sambung kabel?
jawabannya ada. tapi, harganya………………..:mrgreen:
kalo mau yang tanpa pake relay, bisa pake DRL keluaran philips, hella, atau autovision. tapi harganya diatas 500 ribu. sementara kalo yang saya rangkai ini ya total cuman abis 150 ribuan😆

tinggal pembaca blog aja mau yang mana😆
kalo saya sih karena dana terbatas pake yang custom-custom ajah😆

setelah semua dirangkai, tinggal dicoba. nanti jadi gini :

nah kalo kurang jelas ini ada videonya. semoga bisa menginspirasi🙂

Special Thanks for :

rekan-rekan KLiK 
cocomeo72

Gambar Relay, DRL, dan rumah relay dapet dari google + reupload dari photobucket 

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 08/12/2013, in DIY, modifikasi, Otomotif, roda empat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 67 Comments.

  1. kaki 30, positif ignection, posisi nya dimana yaa.
    ato di sambung ke kabel mana

  2. kalo saya sih lebih paham pake relay mas. kalo pake remote itu malah baru tau saya🙂

    dan kalo disaya begitu kontak on dia nyala. bukan nyala ketika mesin baru dihidupkan🙂

  3. Mas,
    ini spesifikasi relay nya pake yg brapa ya?

    thanks
    Zacky

    • yg terpasang sih 80a 4vdc mas..

      tapi yang penting sih ada 87a karena ini led dan bebannya kecil, jadi kalo gak sama spek relaynya kayak punya saya gak masalah deh

      cmiiw

      • ohh..okay..
        jadi voltagenya gak harus sama ama voltage aki ya?
        dan ini waktu mesin mati, off juga kan DRL nya?jadi DRL akan nyala klo kita nyalakan mesin?
        yg saya tangkep dari spesifikasi voltage di dalam relay, misalkan 12V.
        nah karena klo mesin nyala, saya cek voltagenya sekitar 13V.
        jadi dengan relay 12 Volt itu maksudnya ketika udah di atas 12 Volt, makan lampu DRL nya akan nyala? CMIWW maklum gak ngerti ginian..hehe..tpi penasaran pengen bikin rangkaian sendiri, dari pada beli modul DRL di pasaran 250rban…

      • maaf itu rada typo. harusnya 80a 14vdc😀

        voltage rellay harus lebih tinggi supaya rellay gak kepanasan. kalo kurang dari 12 atau cuman 13v kasian relaynya terlalu panas karena dia kena beban yang berat.

        sementara 80a beban yang sanggup di handle sama relay

        cmiiw

        iya kalo mesin mati dia mati kecuali mas sambungin kaki nomer 30 ke aki dia nyala terus🙂

        kalo mesin nyala dia 13v dan relay 12 volt itu maksudnya voltase minimal yang bikin relay dapat bekerja dengan optimal. lebih gak masalah kan di keterangannya ada 14vdc🙂 jarang kok pengisian mobil lebih dari 14 v. mungkin bisa tapi gak terlalu sering pasti. dan kalo dia bisa sampe 14v bisa jadi altenatornya error atau sudah rusak

        drl dengan relay ataupun tanpa relay (yang biasanya disambung ke lampu senja) dia pasti nyala ketika ada arus listrik yang mengalir. karena default kelistrikan mobil 12v🙂 terlepas voltase yang tersimpan di aki kurang dari itu karena abis lama mati misalnya si mobil🙂

        beda lagi kalo di truk atau yang voltase defaultnya 24v dia malah putus pasti pas posisi drl mau idup. karena over voltage🙂

        cmiiw mas😀

      • ohh okay mas…

        mas, bisa minta tolong email gambar rangkaian nya?hehe yg di blog mas kurang jelas soalnya, klo bisa seperti diagram gitu loh..soalnya saya coba2, gak nyala2 nih DRL saya, bingung, mungkin salah masukin or gmana..
        kan di DRL ada 2 kabel ya? item dan merah itu disambungin kemana ya?soalnya di diagram blog mas anggi cuma tulisan DRL aja.

        thanks

      • rangkaiannya persis kayak di blog mas yang diatas. kalo DRL emang ada 2 kabel. merah dan hitam.

        warna merah disambung ke 87a
        dan warna hitam itu ground/massa jadi disambungkan ke body mobil yang tidak ada arus listrik🙂

        kaki nomer 87 kosong maksudnya dia gak disambungin kemana-mana mas🙂

  4. Mas Saya beli relay Nya no 87 Ada dua atas ma bawah tapi tdk Ada huruf a Nya, dan Di ruang mesin tdk Ada kabel ignitionnya? Susahnya nyari lobang buat masukkan kabel ke kabin, btw dimana lubang ya ya Mas?

    • kalo gak ada huruf a-nya dia fungsinya sama kayak kaki 87 yang seperti relay normal kaki 4 pada umumnya mas..

      harus ada 87anya🙂

      kabel ignition saya didalem kabin dirumah sikring diatas knob buat buka kap sama tutup bensin. kayak pas saya pasang voltmeter yang ini :

      https://anggiwirza.wordpress.com/2013/01/21/diy-pemasangan-voltmeter-di-nissan-grand-livina/

      nusuk kabel ke dalem lewat karet dibelakang filter udara pake kawat dililit kabel jadi dia bisa masuk kedalem kabin.

      minimal pake kawat atau besi karet wiper biar lubangnya kecil dan kalau kabel dicopot gak bolong besar..

      karet yang ditusuk sejalur sama kabel body mobil mas

  5. Saya Sudan dapat Mas relay kaki 5 Yg Ada 87a Nya tetapi Angka 30 dan 86 terbalik dari gambar Mas, kalau gambar Mas sebelah kiri 30 Yg bawah 86 Di relay Iin Yg sebelah kiri 86 Yg bawah 30. iTunes Giana ya mas Apakah instalasi kabel nya berbeda atau sama. Tq mas

    • kalau letak kaki berbeda gak papa mas, beda merk biasanya posisi kakinya beda🙂

      saya juga pernah kok pake yang beda gitu

      kalau sudah ada relay kaki 5, langkah selanjutnya tinggal diikutin seperti skema diatas aja🙂

  6. om….mau tanya lagi, klo DRL nya mau disambung ke saklar foglamp, apa perlu pake relay juga ato bisa langsung sambung2 ke kabel foglamp?

    • kalo dijumper langsung dari kabel foglamp bawah bisa aja, tapi kurang rapih dan takutnya kalo ngebungkus kabelnya gak rapih, pas lewat genangan air dan kena ke sambungan kabel dibawah bisa berabe om..

      lebih baik pake saklar aja atau digabung kesaklar foglamp tapi yang didalem kabin. kalo udah gabung pake saklar foglamp gak perlu pake relay lagi🙂

  7. hihi… nemu ini di timeline terus penasaran baca. hiiii… emang bener keren, dan meningkatkan keamanan sang pengedara mobil ber-DRL. Tapi yah mas… saya mah orang awam, pas mudik teh pan banyak tu yang make DRL ini buat penerangannya di malam hari. Emang nyebrot banget cahayanya. Kalo kita non-DRL ada dibelakangnya merasa diuntungkan, tapi… kalau pas berpapasan sm DRL car dari arah yang berlawanan, lightnya tu bikin silau-saking silaunya pandangan jadi kabur. (kaya abis ngeliat matahari) Kadang khawartir aja kalo udah kejadian begini. takut terjadi hal yang tidak diinginkan, jadi malah ngegerutu sendiri gitu kalo berpapasan sama mobil ber-DRL ini. heee…

    Let’s be more sensitive and tolerate. Keeping everyone (the road user safety) is way cooler than DRL itself. hehe…

    This is just a piece of my junk thought, you may put this into trash if you mind with my comment.

    I relate to this article🙂 http://www.motorists.org/drl/reasons-to-oppose

    My warm regards,

    Alifa.

    • iya banyak salah kaprah ttg drl ini mas, selain itu tempat pemasangannya juga kadang gak mau repot. kadang pun permintaan dari pembeli itu sendiri yang sambungin aja ke lampu senja. (misalnya)

      jadi ya susah juga karena tidak ada undang-undang yang mengatur ttg drl itu sendiri diindonesia😀

      makasih banyak mas udah mampir kesini🙂

    • DRL itu daytime runninh light. Kalo malem ya harusnya mati… Karna dah pake headlamp/foglamp.

  8. Mas,koq drl saya kedip2 ngikutin mesin yah?kalo pas buka jendela juga meredup.yang salah apanya yah?

    • wah kok bisa ya? kondisi kelistrikan gimana? aki udah rada tekor misalkan.

      kalo ngikutin skema diatas sih harusnya lancar mas. karena disaya pun aman sampai sekarang🙂

  9. Gan… Groundnya sambungin kmana negatif accu apa bukan?

    • ground bebas gan. tapi lebih baik ke body/rangka mobil aja🙂

      ikut kabel ground yang udah ada, bautnya dikendorin dikit terus disatuin pake sekun🙂

  10. wah saya pengen belajar pasang lampu eagle eye yg hampir sama fungsinya seperti lampu DRL, tp gak ngerti kelistrikan mobil, mungkin bisa dituntun gan langkah2nya sambil kopdar gan klo ada waktunya🙂

    • kalau mobilnya sama sih cara diatas udah cukup jelas lho. kalaupun pengen diy silahkan diskusi disini aja, susahnya dimana😀

      atau bisa juga bawa skema pemasangan dan minta tolong mekanik bengkel asesoris dideket rumah😀

  11. kebetulan sama mobilnya gan…
    ane mau nanya kan ane dah psang drl model plasma lurus itu lha ane sambungin lgsg ke kontak on, ya jadi nglupas kabel ori sie tp biar aman aman ane kasih sekring n saklar tp tanpa relay…penyambungan slese ane coba 5menit kok saklar jd anget n lampu mlah panas luar biasa kya setrika, truz ane ganti saklar baru dgan kabel yg bagus n ganti sekring pake 7.5amper
    yang saklar dah ga anget lgi tp lampunya kom msh panas aja ya??pa amper sekring msh krg kecil, karna harusnya pake yg 1amper…mang ada ya sekring 1amper…heheee
    makasih gan kalo mau bagi2 ilmu

    • drl plasma emang lebih panas daripada drl led biasa mas. saya pake drl plasma/cob buat lampu kolong dashboard juga sama🙂

      sikring pake 10ampere aja yang warna merah. cukup kok.

      mungkin dapet saklar yang rada error jadi panas gitu. pemakaian kabel yang kurang cocok juga bisa seperti kekecilan.🙂

  12. Mas saya udah pasang led yang plasma, kabel saya sambungin ke kabel lampu senja, kondisi led klo pas nyala panas juga, pertanyaan saya apakah aman dengan sambungan ke lampu senja, lampu senja kan cuman 5 watt, sedangkan led saya 6watt plus watt led senjanya. Satu lagi dengan led yang panas gitu apa aman klo kena hujan, terimakasih

    • pertama, led plasma memang panas darisananya mas.

      kedua, kalau disambung ke lampu senja harusnya aman. asalkan proses nyambungnya bener. dan sehabis disambung di tutup sambungannya dengan heatsrink atau isolasi listrik.

      ketika kalau kena hujan harusnya aman. kecuali dia kena rembes air hujan. ada kemungkinan sih mati. tapi harusnya sih aman kalau kena air🙂

  13. Misalkan 87 di hubungkan 87a pake R gimana mas, kan kalau sdah lewat R maka lampu akan redup, jdi bisa di pakai buat malam hari

    • kalo ditambah R atau resistor saya kurang paham mas, saya lebih prefer mati dimalam hari.

      kalo mau dicoba silahkan gak ada salahnya kok. malah jadi beda dari yang lain. 😀

  14. Mas gimana ya tau arus saat kunci dalam posisi on lampu drlnya hidup, dan letak kabel nya d mana?

  15. jalur dr soket 30 ke +sekring airbag dalam kabin bisa tolong dicantumin fotonya mas.. masih bingung karet yang mana dibelakang air filter tu
    .. thx

  16. Mas kl ntuk positif kabel lampu senja ambil dari jalur kabin.ato bisa di ambil.langsung.dari kabel salah satu lampu senja, untuk kaki ground pasang kabel dari negatif drl ya. Maaf mas msh bingung soalx..tks

    • kalo ngikutin skema diatas, dan positif lampu senja dibuat ke positif drl jatohnya dia gak kayak yang saya coba mas. ada baiknya ngikutin persis kayak diatas. \

      untuk ground sambung kabel ke body mobil dengan menggunakan sekun mas.

  17. Saya berhasil uji coba di kijang saya mas, ignition on drl off, mesin on drl on, mesin off drl off…
    Ini agak ekstrim percobaannya mas,
    Saya pake relay NC-NO 5 kaki, biasa yg ad 87a, ane gak pinter jabarin nya, jadi ane todepojn aj mas,

    Cari kabel indikator baterai pada spidometer (+ dan -), sambungkan kabel merah hitam sepanjang 1 meter, pasang kabel merah (+) ke pin 85 dan 30, kabel hitam (-) ke pin 86, kemudian tarik kabel panjang dari pin 87a untuk menuju ke + drl sepanjang kebutuhan dimana diletakkan drl nya dan pilih ground body terdekat untuk ke – drl, sdgkn 87 biarkan kosong.
    Maka dengan rangkain diatas didapat cara kerja:
    – kunci on indikator baterai on, magnet pada relay menarik plat smbungan, arus dialirkan ke pin 87 (kosong) drl off.
    – kunci stater (mesin on) indikator baterai off, magnet melepas plat sambungan, arus di alirkan ke pjn 87a Drl on.
    – jika mesin off saat kunci on, maka indikator on drl off.

    Sulit memang mas, tpi sesuai dengan drl pada mobil” kilometer rendah mas, cuma berbagi ilmu aj mas.

  18. Mau tanya dong gan, kabel positif lampu senja dan kabel ground dari relay larinya kemana?

    • kabel positif lampu senja larinya ke lampu senja mas. kalo saya diselipin antara soket lampu jadi dijepit gitu.

      untuk ground untuk relay bisa ke body mobilnya🙂

  19. Bro mau tanya dong, itu DRL kalo pas lagi starter mobil meredup ga?
    Ane pasang DRL sama spt ente, kalo HL nyala DRL mati. Tapi ane perhatiin setiap starter DRLnya meredup sebentar. Dan ini meunurut feeling ane yang bikin DRL jadi ga awet alias cepet putus.

    • kalo distater memang dia ngeredup sesaat bro soalnya kan listriknya ketarik dinamo stater…

      kalo mau awet dipasangin elco aja biar ada simpanan arus sesaat walaupun pasti lebih ribed lagi bro caranya…

      speedometer pun ngeredup kok kalo lagi posisi stater gitu🙂

      • Yup, berarti kan sama tuh..
        Gw lagi kepikiran tambahin timer delay atau apa gitu, ga terlalu ribet sih kalo pasangnya, ribet mikirnya mau pake apaan, hehehee…

      • kalo enggak beli capasitor bank yang ukuran kecil aja. ada kok yg kecil banget. fungsinya sama aja harusnya🙂

      • Boleh juga tuh pake capasitor bank. Ntar coba dipikirin lebih lanjut deh, biar ga ribet2 lagi bikin rangkaian, kaga ngarti soalnya, hehehehe….
        Thanks bro.

      • paling gampang dibiarin apa adanya mas..

        aman kok😀

  20. rangkaian relaynya tidak pake sekring..???

  21. halo mas salam kenal sesame blogger, hehe
    saya punya all new GL pasang DRL sendiri tinggal cari setrum yang ikut ke kontak mesin tanpa masukin kabel ke kabin
    anehnya kok udah cek kotak sekering meski posisi kunci off kok semua ada setrum nya ya? jadi pusing deh biasanya bongkar moge sih kunci kontak off itu di kotak sekering gak bakal ada setrum
    apa harus tutup semua kaca and cabut kunci kah? haha

    atau ada ide gak bias ambil arus dari mana lagi?
    saya mau yang model mesin nyala langsung nyala DRL nya dan tidak terpengaruh dengan pemakaian lampu parkir / utama
    oh iya saya pakai yang tanpa relay ya om

    thank you

    • kalau misalnya mas kunci off tapi masih ada setrum, bisa jadi mas sambung kabelnya ke positif aki jadi arus ada terus menerus tanpa putus. kalau dimobil beberapa bagian sikring memang ada yang arus positif kontak dan ada positif aki jadi harus dicek dengan testpen yang untuk mencari arus listrik (bukan testpen 220v yang biasa buat rumah ya)

      alternatif lain kalau mau nyala terus menerus gak ada lain selain disambung ke kabel positif kontak. atau bisa ke positif aki, tapi ditambahkan saklar on/off jadi arus listrik ke drl bisa terputus, tetapi secara manual🙂

  22. siap, sudah lilit ke sekering injector yang 15 amp kemudian tambah lagi sekering sebelum DRL yang 10 amp. Insyaallah aman

  23. Mantap gan. Btw ngga pake fuse gan? pengalaman saya menangani mobil terbakar karena konslet di acc lampu2, apakah ngga pake fuse is okay?

  24. Maaf gan mau tanya klu GL udah ada airbag nya arusnya ambil kmn???

    • kalau misalkan mas pakai fusetap, mas tetep bisa ambil arus acc darimana aja mas. tapi kalau tidak pakai fusetap saya bingung juga. mungkin bisa dicek pakai tespen pencari arus.

      cmiiw

  25. maksudnya fuse tap gmn mas???

    • dia kayak dudukan sikring gitu mas. diyoutube ada tutorialnya dan bentuknya.

      nanti dia bisa jumper arus mana aja dan tidak mengorbankan sikring asli bawaan mobilnya🙂

  26. lampu drl itu sebenarnya bisa bikin tekor aki ga ya?selama mesin tetap menyala

    • selama mesin nyala enggak mas. kalaupun butuh daya, lampu led lebih kecil hisapan daya-nya🙂

      kalau mesin tidak hidup juga aman, tapi tidak disarankan karena lama-lama arus listrik di aki akan habis karena yang nyedot listrik ketika acc-on gak cuma drl. ada fuelpump, speedo (kalau digital speedo), ecu,dll🙂

      cmiiw

  27. mas kalo xenia ambil arusnya dri mna ya? klo jumper dari fuse fan gmna, bahaya ngga? soalnya saya cari arusnya pake avo yg kluar arus wkatu kontak on cmn di tmpt fuse fan.
    apa harus cari arus dibawah kemudi?

    saya pake drl plasma 2x6W nyalanya kok ngeredup+kedip2 gtu mas klo jumper di fuse fan, minta saran mas ambil arus dari mna biar drlnya stabil

    • kalau xenia saya kurang paham mas.

      kalau nyalanya redup-redup biasanya gara-gara aliran listriknya kurang stabil.

      atau listriknya sedot-sedotan sama fan mobilnya.

      atau bisa juga aki udah melemah tapi belum sampai tahap tekor.

      cmiiw

      • Perlu pakai rangkaian step down atau penyetabil ngga mas? klo mesin mobil hidup voltasenya bisa lebih dari 12v

        Trima Kasih

      • kalo kedip-kedip gitu coba pakein elco elektronik kecil aja mas. kayaknya bisa ngebantu. cuma jangan sampe kena air.

        saya pake drl plasma juga buat lampu dashboard dalem mobil juga kedip-kedip dikit sih. tapi gak saya pakein elco🙂

    • Ambil dari fuse Cig dekat Acc kabel dipasang di posisi bawah waktu fuse ditancepin, saya juga pakai Xenia

    • Ambil dari kabel Lighter aja mas, arus dijamin stabil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: