Butuh Tempat Bawaan Yang Berlebih, Roofrack kah solusinya ?

sampai saat ini saya masih bingung dan sedang menimbang-nimbang untuk memasang roofrack atau crossbar di mobil pribadi punya bokap saya, kenapa kok harus pasang roofrack/crossbar ? karena kapasitas bagasi mobil pribadi punya bokap saya sangat minim.

mobil (bokap) saya itu grand livina, mungkin udah banyak yang tau sebesar apa bagasi belakangnya. sementara ketika keluar kota, atau sebut saja mudik lebaran, saya harus membawa baju untuk 2 keluarga. keluarga bokap berserta saya dan keluarga kakak dari nyokap saya. kalau di itung-itung sih space yang ada sangatlah kurang hanya untuk tas baju saja😥

cukup ah curhatnya:mrgreen: lanjut ke permasalahannya ya😀

roofrack atau crossbar ( saya masih bingung yang mana yang bener namanya🙄 ) ada 2 tipe. tipe pertama adalah roofrack atau crossbar dengan sistem jepit, seperti ini :

sistem jepit

sistem jepit seperti ini bisa dibilang tipe yang paling aman untuk dipasang, karena tidak ada ubahan di body mobil, dan ketika di lepas tidak merusak. atau bisa dibilang plug and play🙂

saya sedang ngincer crossbar atau roofrack yang tipe seperti ini. tapi dipasaran terdapat banyak tipe dan jenis. serta harga yang bervariatif. sehingga membingungkan, mana yang terbaik yang bisa di pasang di grand livina.

tipe yang kedua adalah roofrack atau crossbar yang di tempel ke body dengan menggunakan sistem baut :

sistem tempel / baut

nah untuk tipe yang ini saya sudah mencoret dari list roofrack/crossbar yang akan saya pilih. kenapa? karena pemasangan ini sangat “merusak” body bawaan mobil itu sendiri. selain melubangi body, hal minus lainnya adalah, ada kemungkinan air rembes dari lubang yang digunakan untuk roofrack / crossbar itu sendiri. ya meskipun pasti akan di seal ulang, tapi tidak menutup kemungkinan kejadian rembes itu akan datang🙂

ketika pilihan yang akan dipilih sudah ditemukan, hal berikutnya yang membingungkan adalah pemasangan. ya betul, pemasangan roofrack atau crossbar di lihat sederhana. tapi dari beberapa gambar yang saya liat kok titik dudukannya beda-beda ya? apakah harus di tengah-tengah, di depan, atau di belakang. karena yang saya tau pemasangan roofrack atau crossbar sangat mempengaruhi titik gravitasi mobil itu sendiri bukan? CMIIW

kemudian hal yang saya perhitungkan adalah dari segi kekuatan. kekuatan dari roofrack atau crossbar dan juga kekuatan dari body mobil itu sendiri. dari yang saya baca, beban maksimum yang di bebani kepada roofrack atau crossbar adalah 50kg. sementara berat tersebut belum ditambah dengan roofbox dan juga beban dari isi bagasi tersebut.🙄

kira-kira, sangat di recomendasikan gak ya untuk memasang roofrack atau crossbar di mobil pribadi jika memang membutuhkan space lebih untuk menaruh barang bawaan?

satu yang saya senangi adalah, ketika sedang tidak memakai roofbox, kita bisa memakai windfairing.😀 ya jadi kayak mobil gaul ala japanese gitu😀

berikut penampakannya :

nyomot dari google:mrgreen:

selain ada fungsinya, ternyata bisa buat gaya juga:mrgreen:

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 28/11/2011, in Otomotif, roda empat, sharing and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. coba pake roofrack sunrise atau forac aja gan.., dikaskus banyak,dicaman ada bengkel2 mobil sebelahnya agus motor juga jual sama pasang harganya 650rb untuk sunrise 850 untuk forac…, sunrise agak sedikit ringan dari forac, kalo forac dijamin kuat.., kalo titik penempatan biasanya sih di tengah2 pilar a dan b dan b dan c, biasanya gitu tp ada juga yang pas di pilarnya..

    belom sama windfairing thule ato yakima nya ya gan..

    kmrn pas beli aki buat gito mobil saya, saya liat ada livina oranye yang lagi pasang jadi saya tanya2 aja harganya berapaan…

    • wah di caman ada toh?

      cuman mahal yak 850k di kaskus daerah otista 640k nda forac.. tau dah bedany aapaan

      btw, camannya dimana tuh?

      • kalo dri arah rumah gw ke caman itu pas lewat lamer dikit belok kiri dibengkel2 yang dibelakang pos polisi itu..

        nama tokonya gw lupa, yang pasti disebelah agus motor, dipampang itu roofrack sama windfairingnya..

        kmrn gw ke agus motor soalnya beli aki, pas disebelah ada yg masang gw nanya2..

        blom nego sih bingung juga mau masang disedan apa nggak wkwkwkwkkwkw

        btw itu udah sama ongkos pasang tapi..

  2. pasang aje nda di DX lw biar japs “kimochi” style wkwkwkw..:mrgreen:

    kalo pasangnya 150k sendiri mending pasang sendiri dah kalo emang bener bisa kepasang di livina😀

  3. hai mo kasih info nih
    q beli mrk forac 900 udah ama wind thule di daerah duta mas, jl. fatmawati arah blok M.

  4. ah gw pernah nih bro masang ginian di KIA Carens II bokap, gampang, pasang sendiri aja, paling kalo titik pasang bisa adjustable kira2 aja, dimana cocoknya
    biasanya kan pake 3 titik penopang, kalo mo pake box lagi ya tinggal sesuain aja ama dimensi box-nya

  5. klo bwt livina cocoknya pakai yang jenis apa..? biar kelihatan cakep.., ?

  6. maksudnya grand livina ..,

    • pertama harus ditentuin dulu mas budgetnya. kalo terbatas, cukup roofrack + crossbar. total mungkin dibawah 1jt

      kalo budget lebih bisa pake crossbar + roofbox lebih aman, anti air juga. pilihannya macem-macem🙂

      untuk pilihan crossbar, untuk grand livina pilih yang sistem jepit. merk ada banyak disesuaikan sama budget dan kualitasnya🙂

      untuk racknya sendiri juga macem-macem. disesuaikan sama budget aja dan kualitasnya

  7. Mohon pencerahan bro n sis

    Saya berencana mau beli rack roof

    Tp msh galau antara merek sunrice . Forac .rhino.sma sport rack

    Kira2 yang kuat yang mana ya?

    Klo berkenan sxan hrgny klo ad info

    Thnkss bgt

  8. Sport rack is the best, gak kayak jemuran ada palang keluar dr samping kanan kiri gitu.

Leave a Reply

