Ketika Musim Kemarau Itu Datang

dari berita-berita yang saya baca, konon sekarang sudah memasuki musim kemarau. kalau yang riding naik motor dan angkutan umum pasti bisa merasakan bagaimana nikmatnya hawa panas musim kemarau di tengah kemacetan ataupun kondisi lancar. maklum ac alami yang berhembus settingan derajatnya sekitar 29-32 derajat celcius:mrgreen:

untuk brader yang pada naik motor pasti donk banyak yang berubah di tubuhnya. entah muka makin kusem, tangan rada menghitam gara-gara gosong kena panas matahari, dan bahkan badan yang dehidrasi karena panasnya yang memang “SUPER” *mario teguh stail*:mrgreen:

saya ada beberapa trik yang sudah saya coba ketika naik motor di kondisi musim kemarau seperti sekarang ini. mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa di praktekkanšŸ™‚

berikut tips nya :

1. Ā Jika memakai helm fullface, ada baiknya sedikit mebuka kaca atau visor sedikit. yang penting ada angin berhembus masuk ke dalam helm.
mengapa ? karena jika sirkulasi di dalam helm tidak baik, otomatis kepala jadi memproduksi keringat berlebih. selain itu helm pun bisa basah karena keringat yang di produksi. selain itu rambut pun bisa dengan cepatnya minta di sabunin. alias keramas dan juga bisa membuat kepala cepat pusing karena kepanasan.
2. Pakailah Masker yang seperti topeng.
mengapa ? karena masker yang berbentuk seperti topeng tersebut menutup seluruh permukaan kepala. pokoknya yang keliatan cuman mata aja:mrgreen:. sumpek? pasti brader. tapi di samping itu ada fungsi lain. fungsinya adalah masker tersebut bisa menyerap keringat terlebih dahulu sebelum ke busa helm. selain itu bagian muka, leher dan juga tengkuk jadi terlindungi dari panas. otomatis pada bagian tersebut tidak menghitam karena terkena panas.
3. Pakailah kacamata hitam
mengapa ? kacamata hitam bisa membuat mata sedikit sejuk ketika kita sedang riding di panas matahari yang terik. selain gaya, mata pun bisa terhindar dari debu yang menyelinap ketika visor helm di buka. selain itu mata pun tidak terlalu pegal. karena terkena sinar yang terlalu terang dan panas.
4. Pakailah Jaket Yang Tidak terlalu tebal namun tetap bisa memberikan proteksi yang maksimal
mengapa ? karena di musim kemarau, panas yang berlebih membuat kita pasti lebih berkeringat dari biasanya. Ā kalau kita memakai jaket tebal atau jaket touring, selain kita bisa “mandi keringat” kita pun bisa cepat dehidrasi. selain itu kita juga harus memilih jaket yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. sehingga badan tetap nyaman ketika berkendara di musim kemarau.
5. Pakailah kaos oblong kalau ingin berangkat kerja
mengapa ? jika kita dari rumah sudah pakai pakaian kerja dan di jalan macet parah, otomatis kita akan berkeringat. dengan memakai kaos oblong ketika berkendara ke kantor, otomatis kita bisa santai tanpa takut pakaian kerja kita lepek karena keringat atau bau karena keringat kitašŸ™‚
6. Pakailah sarung tangan yang menutupi seluruh permukaan tangan.
mengapa ? dengan memakai sarung tangan yang menutupi seluruh permukaan tangan pasti lebih aman dan juga, panas matahari yang mengenai tangan tidak membuat tangan menjadi belang. penulis sendiri sudah mengalami dengan memakai sarung tangan yang hanya menutupi 1/2 jari, jari tangan penulis yang gak tertutupi oleh sarung tangan belang dan mulai menghitamšŸ˜„. sampai sekarang penulis masih pakai sarungtangan full yang menutupi seluruh permukaan tangan. dan jangan lupa sarung tangan tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang baik supaya nyaman ketika berkendarašŸ™‚
7. pakailah celana panjang.
nah kalau ini sudah pasti harus. Ā karena berkaitan dengan keselamatan berkendara. jenis bahannya bisa berbahan jeans atau kain. tapi lebih baik berbahan jeans supaya proteksinya baik ketika terjadi kecelakaan
8. pakailah sepatu.
mengapa ? dengan memakai sepatu selain aman kaki kita pun aman dari panasnya matahari. karena jika memakai sendal dan terkena panas matahari kaki kita pasti akan menghitam dan belang lama-kelamaan.
9. Pakailah kaos kaki yang sedikit panjang
sebenernya sih masalah simpel. saya mulai kepikiran memakai kaos kaki yang sedikit panjang ketika berkendara. karena ketika macet dan posisi kaki saya turun dari injakan kaki, kaki saya merasakan panas karena sinar matahari. pas di lihat lhaaa saya pake kaos kaki yang panjangnya cuman di atas mata kaki dikit. sementara kalau kaki saya turun sebelah pas berkendara di tengah kemacetan, celana panjang saya naik sampai hampir betis. walhasil selama macet, Ā kakiĀ Ā kepanasan karena terkena sinar matahari gak papa lah, itung-itung sun bathing Ā Ā :mrgreen:
10. Ā Membawa bekal air mineral dan handuk
sebenernya gak bawa bekal air mineral gak harus juga sih, kita bisa membeli di warung pinggir jalan. cuman saya lebih percaya sama air di rumah karena jelas asli air tanah yang di masak 100 derajat *lebay*:mrgreen: dengan membawa air, kita bisa sedikit meminimalisir terjadinya dehidrasi karena panas yang di keluarkan oleh matahari. sementara handuk, handuk yang saya maksud bukan handuk buat mandi. tapi handuk untuk menyeka keringat yang keluar:mrgreen: daripada kita ngelap keringat pakai jaket dan jaketnya jadi bau asem, lebih baik pake handuk aja. di jamin tenang kalo keluar keringatšŸ™‚
11. Istirahat sejenak jika badan terasa lemas
namanya hawa dan cuaca panas, pasti sangat menguras stamina. ada baiknya kita jangan memaksakan diri ketika badan sudah terasa lemas ataupun kepala pusing karena hawa panas yang ada. istirahat sejenak di pinggir jalan yang aman ataupun di pom bensin sembari minum, makan makanan kecil atau berhenti di tukang sop buah bisa jadi rekomendasi dari saya. selain bisa menyegarkan badan kembali, kita juga bisa mengistirahatkan tunggangan kita sejenak. yang bawa motor aja kepanasan dan lemas, gimana yang di dudukin tiap hari:mrgreen:

sekian tips berkendara di musim kemarau dari saya. tips di atas murni dari pengalaman saya pribadi. jika ada yang mau menambahkan monggo. maklum saya masih belajar soalnya:mrgreen:

 

maap postingan kali ini gak pake gambar-gambar acanšŸ˜€

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 24/06/2011, in sharing and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: