Test Ride 3 Motor 250cc

Pada hari jumat tanggal 19 maret 2011 saya menghadiri acara test ride 3 motor 250cc di gedung kompas gramedia di jalan panjang kebun jeruk. Acara tersebut di selenggarakan oleh otomotifnet. Motor yang pada saat itu akan di coba adalah 1 motor megelli 250cc, Kawasaki ninja 250cc dan primadona baru Honda cbr 250cc. acara seharusnya di mulai pukul 19.00wib. tetapi karena Jakarta gak pernah lancer pas jam pulang kerja, jadi ngaret 1 jam wekekekek… acara baru mulai pkul 20.00wib. 

Di sana sebelum memulai test ride, kita (peserta) di ajak dahulu ke dalam gedung. Disana kita melakukan registrasi dan diskusi kecil mengenai modifikasi motor. Kebetulan di acara tersebut hadir pula modifikator tenar di Jakarta, chemonk modified. Sempat berlangsung sesi Tanya jawab dan juga bocoran motor-motor baru yang membuat suasana menjadi hangat. Di temani dengan snack dan juga the manis. Setelah puas pertanya jawab, acara test ride di mulai juga pada pukul 21.00 wib.

Acara test ride tersebut di adakan di lapangan futsal tepat di belakang gedung kompas gramedia. Sementara rute test ride hanya di sekitar pelataran parkir gedung tersebut. Saya memulai test ride kali ini dengan mencoba (lagi) motor pulsar 220 yang berwarna merah (lagi):mrgreen: . oiya motor pulsar ini seharusnya gak masuk ke sesi test ride, tapi ternyata kita dapat test ride juga. Jadi total 4 motor yang akan di test.

Kondisi pulsar yang saya coba kali ini berbeda dengan motor pulsar yang pernah saya coba di sirkuit sentul. Berbeda apanya? Yang saya rasakan, pulsar tersebut bersuara sedikit kasar dari motor yang saya coba ketika di sentul. Selain itu ketika rpm tinggi, ada sedikit suara getaran yang muncul. Entah dari plat nomer yang terpasang atau gimana, yang jelas suara getaran tersebut cukup mengganggu.

 

 

 

Lanjut ke motor kedua. Motor kedua yang saya test adalah megelli 250cc. kesan pertama pas nyemplak motor, wah nunduk banget !!. perut tiduran di tangki huehuehuhe…

Oiya yang unik dari megelli ini adalah kunci kontak ternyata nempel ke tangki.. sangat unik nih motor😀. dari posisi berkendara saya bisa mengatakan kurang nyaman. Untuk sesi test ride yang hanya berkisar 5 menit kurang, saya merasakan cukup pegal di sekitar punggung. Selain itu dari sisi transmisi, megelli tersebut juga sangat kurang nyaman ketika melakukan perpindahan gigi. Dari segi mesin yang 250cc, rasanya seperti sedang tidak mengendarai motor 250cc. untuk pemakaian di dalam kota sangat tidak di sarankan. ( kecuali badan kuat :D). sudut putar yang terbatas, menjadi salah satu kelemahan juga bila ingin memakai motor ini secara harian.

Dari segi tampilan megelli 250cc sangat mempunyai nilai plus. Di tambah speedometer digital yang sangat mencolok bila malam hari. Dan juga headlamp projector yang cukup terang di banding headlamp biasa.

Sehabis pulsar dan juga megelli, saya lanjut nunggu antrian untuk mencoba cbr 250cc. kali ini saya mencoba cbr warna merah yang dimana cbr berwarna merah ini mengadopsi rem depan ABS. first impression, ketika nyemplak motor ini adalah nyaman. Sudut putar lumayan bila di pakai untuk selap-selip yang tidak terlalu ekstreme. Posisi duduk dan ketika memegang stang cukup nyaman. Tidak terlalu menunduk dan juga tidak terlalu membuat pegal badan. Ketika berkendara dengan cbr ini saya merasakan racing banget😀 dasar biker udik gak pernah bawa motor mahal wekekekek…:mrgreen:

Ketika turun dari pelataran lapangan futsal saya beradaptasi dulu dengan motor. Ternyata benar apa yang di katakan blogger-blogger lain. Motor ini torsinya sangat nendang. Setiap ganti gigi dan langsung di sentak, motor serasa narik ridernya ke belakang😀. torsi yang besar, sangat di perlukan bila sedang di dalam kondisi macet. Tapi jangan asal sentak. Nanti rante putus gan..:mrgreen: . tenaga bawah sampai hampir ke tengah sangat besar. Kenapa hampir ke tengah? Karena treknya pendek gan, cuman di pelataran parkir😀. dengan jarak sekitar 100 meter, saya bisa dapat 55km/j itu pun gak sampe ujung amat. Jarak efektif paling cuman 50 meter. Sisanya buat ngerem.😀 oiya masalah ngerem, motor yang di lengkapi dengan teknologi abs ini sangat mumpuni. Gejala roda mengunci sangat minim. Sangat safety dan jadi terobosan baru.

penulisnya mejeng :mrgeen:

Sehabis pulsar, megelli dan cbr, saya lanjut nyobain ninja 250. Begitu nyemplak, wah posisi berkendara beda tipis sama cbr. Aura racing makin ketara disini. Suara 2 silinder yang keluar bikin nafsu buat ngegas. Tapi berhubung trek terbatas, jadi ya di bawa fun aja..😀 dalam kondisi bawa rada sedeng (sedeng = gila) , torsi ninja gak segalak cbr. Torsi tetap besar, tetapi relative halus khas motor 250cc. nafas panjang banget kalo si ninja ini. Rpm di atas 3000 suaranya makin keren😀 pengereman pun cukup pakem. Dari 20km/j saya coba panic brake dengan presentasi rem depan 80% dan blakang 20%, si motor hamper ngangkat. Woow… dengan berat rider yg 120kg saya rasa ini motor sangat muanteb dari segi pengeremannya. Jika ninja di pasang ABS gimana? Saya rasa kejadian hampir stoopie ini gak bakal kejadian. Tapi memang feelnya tetap lebih berasa tanpa ABS ketika melakukan pengereman. selain itu efek panas yang di rasain ketika nyemplak ninja cukup mengganggu. panas mesin yang naik sampe ke tangki  (sampe tangki si hangat) lumayan bikin was-was kalo kondisi macet. ketika di bandingin sama cbr kok beda ya ademan cbr??

Di sela test ride, tim dari otomotifnet mengadakan juga lomba test slalom lama-lamaan. Wah sayangnya saya gak menang euy  soalnya salah ngambil jalur wekekekekek… selain itu otomotifnet memberikan souvenir yang dengan syarat membawa majalah scooteriz edisi 5. Souvenir yang saya dapat 2 tshirt (harusnya dapet 1 tapi ternyata dapet rezeki lebih hehehehe..), stiker 20 tahun otomotif dan juga gantungan kunci, emblem, dan stiker dari scooteriz. Acara berakhir pukul 24.00 wib kurang. Di tutup dengan foto bareng, penyerahan hadiah lomba slalom (helm dan parfum helm) yang di sponsori oleh juragan helm.

Test ride kali ini memang lebih kearah fun. Jadi kita semua senang-senang. Tetapi kepuasan yang di dapat tetap ada..

Ps. Kalo ada event test ride undang lagi yaaa otomotifnet… saya rela kok dari bekasi nyamperin ke jalan panjang wekekekekek.. *kidding*:mrgreen:

 

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 19/03/2011, in Otomotif, sharing and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. parah bew…….bikin mupeng aje

  2. Makasih atas infonya , Aerith

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: