Pemasangan Projector Camry

Ya sesuai janji di postingan sebelum ini saya janji nih untuk sharing pemasangan projector camry di tiger atau saya biasa nyebutnya macan😀

langsung aja ya😀

berawal dari nafsu awal saya (halah nafsu bahasanya :D) dari forum dunia maya dan temen komunitas motor, saya udah lama banget mupeng sama yang namanya projector. entah kenapa sinar yang di hasilkan itu sangat rata dan “wah” banget.

niat sudah ada, tinggal kemauan yang di teguhkan. mengais dompet dikit demi sedikit (maklum mahasiswa berkantong pas-pasan:D), dapat lah saya projector camry. harga pas waktu beli sekitar Rp.450.000. belinya dimana? saya beli di FJB kaskus. bisa di liat di sini linknya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6776093

yang jual temen saya sih🙂 saya janjian atau kalo anak kaskus biasanya bilang COD. saya COD di daerah matraman. lucunya gini, saya tau lapak dia (temen saya) sekitar jam 10 malam. kontek-kontekan via PM (Private Message.red), berlanjut sms supaya lebih cepet balesnya. saya iseng ngajakin ketemuan malam itu juga, ketika saya mengajak ketemuan itu sudah pukul 22.30 WIB. awalnya sih cuman iseng test respon dari penjualnya. dan ternyata teman saya itu deal woowww..!!!. ya udah janjian lah jam 11 malam di matraman.

sampai di matraman saya kurang leih jam 11.30 malam (edan, buyer apaan ngajakin COD jam 11 malem :mrgreen:) tapi sellernya mau ya udah hehehehe… liat barang bentar, langsung pindah tangan.

abis COD tersebut saya langsung lah pulang kesemsem campur penasaran sama sinar yang katanya mua’nyuss

beberapa hari kemudian, setelah ngumpulin bahan dan peralatan saya mulai ngoprek. ya kira-kira bahan-bahan yang di perluin ini :

Photobucket

keterangannya (dari kiri ke kanan) :
1. projector camry
2. fitting lampu H11 (saya pakai lampu halogen tipe H11)
3. kabel
4. ada item-item di situ saya pakai untuk nutupin lubang di projectornya
5. sealent atau lem kaca
6. lilin
7. lem bakar
8. lampu H11 abal-abal😀
9. isolasi

nah dari bahan-bahan di atas prosesnya gini :

1. saya menggunakan bahan nomer 4 untuk menutupi lubang pada projector :

Photobucket

Photobucket

lubangnya gede banget !! mangkanya saya tutupin. selain itu saya gunain penutup tersebut untuk melindungi bohlam dari air ataupun kotoran lain.

ini besar lubang yang ada di sekeliling projector :

Photobucket

nah saya nempel bahan nomer 4 pakai lem kaca tersebut. dan sudah saya usahakan supaya hasilnya rapih, tetapi hasil akhirnya seperti ini😦 :

Photobucket

Photobucket

Photobucket

setelah nempel bahan nomer 4 itu saya mencoba untuk mewarnai dengan cat semprot warna hitam flat beserta pernis supaya mengkilap.

Photobucket

setelah kelar di cat, saya coba install ke motor. saya pake braket seadanya :

Photobucket

tapi lumayan kok gak goyang2 projectornya.😀

perkabelannya saya tinggal copot lampu deket yang ada di motor saya (sebelumnya saya sudah pakai H4) dan di sambung ke kabel bahan nomer 3 dan tinggal di sambung aja.

nah yang baru saya tau, ternyata bohlam jenis H11 itu negatif dan positif bohlamnya terbalik-balik sama aja😀
jadi ya gak usah pusing bin mumet. yang mana aja ok kok. yang penting jangan dua-duanya aja positif. bisa mleduk kali bohlamnya😀

nah kelar di pasang saya coba test jalan (sebelumnya di sesuain dilu sinarnya ke jalan biar manteb :D)
tapiiii hasilnya mengecewakan😦

saya berprediksi, yang bikin jelek itu ya bohlam abal-abalnya itu😀
saya test ke depok, lha terangan lampu dari vixion. hahahaha..
tapi gak papa lah keren kok yg penting kalo lewat gang sempit. cutoff projectornya huajeeeebb😀

nah sekarang si bohlam udah di ganti pake osram H11. saya beli harganya 45 ribu rupiah nah untuk sinar nanti malem saya update lagi. soalnya sekarang siang je😀

oiya, projectornya juga udah di bagusin lagi sekarang. pake pembungkus yang lebih rapih di banding yang awal. saya pakai paralon. diameternya gak tau berapa. yang jelas muat di projector camrynya, plus sedikit penyesuaian tentunya.

saya nempelin pake auto sealer warna hitam. kenapa hitam? karena si projie saya cat warna hitam dan kalo pake sealer kan catnya bisa ngelotok tuh, kalo saya pakain sealer hitam, otomatis dia bakal nyaru sama warna cat hitamnya😀

berikut gambar-gambarnya :

pembungkus made in paralon😀

Photobucket

Photobucket

di sealen pake sealer hitam :

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

test pasang dulu gan😀

Photobucket

Photobucket

Photobucket

kalo udah di cat hitam gan😀

Photobucket

Photobucket

nah kalo ini bohlam abal-abalnya😀

Photobucket

nah kalo ini bohlam osramnya :

TGP gan😀

Photobucket

Photobucket

kondisi terpasang di motor :

Photobucket

sinarnya (bohlam abal-abal + bohlam osram) :

Photobucket

Photobucket

NB. gambarnya di klik aja gan, biar jelas😀

maap kalo kata-katanya kacau. maklum, blogger nubie😀

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 02/03/2011, in Otomotif, sharing and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. si oom as varioputiih

    kenapa ga dimasukin ke batuk lampunya aja oom, meih cakep lo🙂
    salam kenal ya:mrgreen:

  2. gunawanspurs

    Sekedar saran saja mas bro, berkenan dipakai ndak suka abaikan sajah. Lebih baik projector tsb sekalian dipasang di headlampnya, trus pasang HID lighting system pakai ballast 55 w bulb H11 4300 K. Tiger bro kan sudah DC full wave kelistrikannya, ngangkat beban segitu sih enteng.

    Lumen (intensitas cahaya) yg dihasilkan sekitar 4200 lumen, sedangkan setting halogen yg sekarang, klo headlamp pakai standar 35 w, cma sekitar 800 lumen, dan bulb H11 di progie, dapat 1200 lumen, total 2000 lumen, cuma setengah lighting dgn HID tsb.

    Sayang kemarin malah beli projector Camry, mendingan ambil projector Morimoto Mini H1, ini bisa dipasang halogen maupun HID (soket halogen H1), bisa Hi-Low (BiXenon), harga pasaran cma 600 rb satunya. Kualitas sebaran cahaya one of the best in the market. Ga percaya ? Cek link ini:

    http://www.jvxdriver.com/bixenon_comparison.htm

    Projectornya jg kecil, gampang dipasang di housing headlamp yg sempit spt headlamp bulat orisinal Tiger. Tetap semangat & lanjut terus ngopreknya.

    Best regards.

    • sebenernya saya pengen sih pasang HID.. cuman out off budget..

      morimotor saya baru tau setelah beli si camry inih😥

      ada link penjualnya gak ya morimoto?

      • gunawanspurs

        HID projector Cungkuo gen 3 di kaskus ada yg jual 850 ribu satu set lengkap, lensa 3.0″ (nickname hokiedokie di Bekasi), hasilnya cukup bagus, BiXenon (Hi-Lo), ballast 35 w tipis, bulb 4300 K, angel eyes. Kalo yg lensa kecil, jangan deh, walaupun lebih murah & PnP sm batok Tiger, soalnya beam cahayanya jelek.

        Cuma mmg pasang di Tiger butuh sedikit modifikasi krn batok standarnya kurang besar. Biasanya copot mika kaca/plastik beningnya, trus diganti pakai fiber yg bolong di tengah utk tempat lensa projector keluar.

        Utk Morimoto Mini, bro bisa coba search di kaskus nickname commoner, seller dari Surabaya. Reputasi cukup baik di kalangan modifikator projector kaskus, dia ada jual macam2 projector (aftermarket maupun OEM), ballast Hyluxtek, dan bulb CN Light.

  3. wahduh makasih banyak gan linknya…

    saatnya nabung dulu nih:mrgreen:

Leave a Reply

