Mengatasi Mogok Saat Banjir

null

Meskipun gak lagi musim banjir, tapi gak papa kali ya ngebahas masalah ini…

ya hanya ingin sekedar sharing masalah troubleshooting. kali aja sewaktu-waktu kena banjir, dan motornya mogok, kita masih bisa membenarkan masalah sendiri.

ok coy..???

mari kita mulai…

apabila motor habis menerjang genangan air atau banjir yang lumayan tinggi. kemudian si kuda besi tiba-tiba batuk dan mesin mati, bisa deh di cek bagian-bagian yang akan di bahas di bawah ini…

dan semua ini bisa kita lakukan dengan menggunakan tools standar bawaan motor lho..  :D

hal pertama, coba pinggirkan motor di tempat yang aman. kemudian lepas kepala busi dari dudukan di kepala silinder.  lalu bersihkan elektrodenya terhadap kotoran. lalu tutup luang busi (busi dalam keadaan di lepas) dengan kain kering dan kick stater motor beberapa kali. tujuannya agar air maupun embun air yang terdapat di dalam ruang bakar dapat terhempas keluar. jika sudah tidak ada air yan gmental dari ruang bakar rakit kembali busi seperti semula.

hal kedua adalah mengecek apakah knalpot kemasukan air atau tidak. caranya coba miringkan motor ke melakang (motor dalam keadaan di standar tengah atau dua) dengan menekan bagian jok atau behel. sasarannya agar lubang pelepasan gas jadi lebih rendah dari leher knalpot., sehingga jiha ada air yang masuk ke dalam knalpot, air akan terbuang ke luar. Namun bila ujung pembuangan knalpot masih lebih rendah daru leher knalpot, ganjal standar tengah pake balok kayu atau pakai batu yang rata. oiya lazimnya sih kalo di knalpot 4 tak ada lubang pembuangannya.  tapi kalo di knalpot 2 tak jangan harap ketemu lubang pembuangan. oiya kalo knalpot 4 tak yang racing juga rata-rata sih gak ada juga sih lubang pembuangan. jadi ya coba dulu di cek kondisi knalpot masihng-masing.

lalu hal ketiga atau yang terakhir adalah buang bahan bakar yang ada di dalam mangkok karburator. caranya putar ke kiri lbaut pembuangan yang terdapat pada bagian bawah / mangkuk karburator. maka bensin yang ada di dalam mangkok karburator akan mengalir keluar lewat slang pembuangan. namun sebelumnya jangan lupa menutup keran bensin dulu. jika tidak ada lagi bensin keliar, putar kembali baut pembuangan ke kanan, kebudian buka pula keran bensinnya…

nah abis itu coba deh di idupin motornya. pasti lagnsung greeengg…!!

tapi kalo tetep gak idup, silahken tuntun motor ke bengkel terdekat ya..😀

sumber.tips harian bermotor (produksi otomotif group), dengan berbagai penyesuaian.

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 02/08/2009, in Otomotif. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Thx for the tips…

  2. sama-sama masbro…

    semoga bermanfaat ya..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: