TEKNIK BERHENTI

Kali ini gw mau sedikit mosting tentang teknik berhenti pada sepeda motor…
jujur gw masih belajar bagaimana cara ngerem atau berhentiin motor..

daripada gw cuman belajar sendiri, mending gw ajak pembaca blog gw biar kita bisa belajar bareng-bareng bagaimana cara berhenti yang baik dan benar tanpa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

semoga bermanfaat yaa..😀

dalam melakukan pengereman juga di perlukan teknik agar motor bisa berhenti sesuai kemauan. sebab jika sekedar asal-asalan menekan atau menarik tuas rem, bisa-bisa motor akan tidak  terkontrol arahnya karena roda mengunci tiba-tiba. Makngkanya kali ini di bahas mengenai bagaimana menghentikan laju kendaraan dengan baik dan benar.

Pada Kecepatan Rendah (walking speed)

di bawah 30-40 km/h.

1. Postur tangan menekuk dengan sudut +/- 30 derajat. Bobot tubuh bagian bahu keatas di tahan oleh otot triceps/tiga jari (bagian samping luar telapak tangan). Kedua kaki bagian lutut membengkap rapat tangki atau jok. Jari-jari tangan kanan jangan di letakkan di tuas rem. Lantaran akan membahayakan handling pengendara bila ada sesuatu yang tidak terduga terjadi di depan pengendara. Jari-jari akan spontan meremas tuas, kondisi ini membuat roda depan terkunci sesaat sehingga terpeleset.

2. Tutup putaran gas

3. Diikuti menginjak pedal rem belakang dengan halus kemudian jika perlu di bantu dengan meremas tuas rem depan.

4. Untuk menjaga keseimbangan putaran mesin dan saat RPM turun mendekati angka 1000 segera remas kopling dan shift down gigi transmisi.

5. Saat kecepatan mendekati 0 km/h (nyaris berhenti) kaki kiri siap-siap untuk di turunkan (bukan kaki kanan)

Pada Kecepatan Tinggi

Semisal pada kecepatan konstant 80km/h atau sedang ngegas tiba-tiba harus berhenti, yang harus di lakukan adalah :

1. Postur, tangan menekuk dengan sudut +/- 30 derajat. Bobot tubuh bagian bahu di atas di tahan oleh otot triceps/tiga jari (bagian samping luar telapak tangan). Kedua kaku bagian lutut membekap rapat tangki atau ujung jok. Posisi tubuh cenderung mengarah ke belakang jika gaya inertia terasa semakinbesar seiring menurunnya kecepatan yang melambat.

2. Tutup putaran gas

3. Diikuti remasan tuas rem depan dengan 1/4 tekanan, lakukan secara halus kemudian di ikuti dengan rem belakang.

4. Lanjutkan kedua pengereman dengan remasandan tekanan yang lebih besar.

5. Jika masih kurang, pindahkan gigi transmisi ke gigi yang lebih rendah secara bertahap sampai perlambatan kecepatan terkontrol. Jika garis berhenti kian dekat sedang laju kendaraan masih tinggi, lakukan hal berikut : remas lever rem depan sekitar 70% lebih kuat di bandingkan dengan injakan rem belakang.

6. Untuk menyingkapi agar kedua roda tidak nge-block / terkunci lakukan kedua pengereman dengan cara squeeze (remas lepas remas perlakukan sebagai cara kerja rem ABS). Bilamana salah satu roda atau kedua roda terkunci, jelas cengkraman roda pada permukaan roda akan hilang. saat ini fenomena oversteer akan membuat kesulitan bagi motobikers, bahkan bagi seorang yang ahli sekalipun, lebih-lebih fenomena ini memang tidak di rencanakan sama sekali.

7. Untuk menjaga keseimbangan putaran mesin saat turun mendekati 1000 RPM. segera remas tuas kopling dan shift down gigi transmisi.

8. Saat kecepatan mendekati 0 km/h (nyaris berhenti) kaki kiri siap-siap untuk di turunkan (bukan kaki kanan)

sumber.MOTOBIKES edisi 13 april 2009

About anggiwirza

Blogger Papan Penggilesan yang kadang suka sotoy tapi nggemesin. #eeaaakkk :v

Posted on 25/04/2009, in Otomotif. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Hallo Bro Anggi…Sorry nih mao nanya kalo misalkan mengerem seharusnya berapa jari yang menekan handle rem ?

  2. kalo gak salah ni ya, dalam mencet handle rem itu harusnya sih 4 jari..

    dari mulai telunjuk sampe kelingking..

    cuman pada teorinya jarang tuh yang mencet handle rem 4 jari…

    paling banter 3 jari atau bahkan 1 jari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: