Riding Test Bajaj Pulsar 220cc

 

Cerita sentul masih berlanjut, ketika Pt. Bajaj Auto Indonesia selesai mengadakan press converence para peserta di persilahkan turun ke lantai 1 dan meuju pit. kalau saya sih menyebutnya paddock tapi mungkin saya salah, soalnya saya baru pertama kali masuk dan merasakan aura sirkuit sentul.

ketika memasuki paddock, saya bertanya-tanya kemana motor yang akan di test? tetapi di sela pertanyaan tersebut, tiba-tiba datang 3 rider wanita mengendarai 3 motor test dari arah pit in. warna yang di sediakan oleh panitia kali ini adalah warna merah, hitam dan biru. setelah puas mengambil gambar sesi test motor pun di mulai.

3 Rider Wanita datang mengendarai 3 motor bajaj pulsar 220

sebelumnya ada 3 rider pembuka rider tersebut adalah bro taufik dari TMCblog.com, bro stephen dari stephenlangitan.com, dan Iwan Banaran

bro taufik, bro stephen, dan bro iwan banaran membuka acara test ride ketika Mr Vaibhav Gupta mengibarkan bendera start

saya yang datang belakangan beserta peserta lain yang berangkat dari Menara Imperium dapat giliran setelah makan siang. ketika kesempatan itu tiba saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan. tapi sebelum memulai saya memakai riding gear yang di siapkan oleh bajaj. perlengkapannya pun sangat lengkap. dari mulai protektor kaki dan tangan, sarung tangan, dan juga helm fullface beserta jaketnya. saya sendiri memakai jaket dan sarung tangan sendiri. karena jaket di sana gak ada yang cukup untuk ukuran badan saya, dan kalau sarung tangan saya memakai punya sendiri supaya lebih pede dan karena sudah terbiasa dengan sarung tangan tersebut.

selain itu, kelebihan tersendiri dari acara test ride kali ini yaitu pemakaian protektor kaki dan lutut seutuhnya di lakukan oleh petugas  bajaj tersebut. salute !!

meja safety gear

pemakaian safety gear oleh petugas bajaj

setelah selesai memakai safety gear, saya menunggu sebentar karena motor yang di test belum datang. tak beberapa lama setelah saya menunggu saya langsung dapat menaiki sang primadona bajaj pulsar 220cc. sebelum memulai, saya beradaptasi sedikit dengan koplingnya. setelah beradaptasi saya langsung melesat menuju track yang ada (lebay) :D

siap untuk mencoba seberapa "kencang" bajaj pulsar 220 ( model di atas bukan saya :D )

ketika keluar dari pit, saya langsung “menyiksa” pulsar 220 merah yang saya pakai. torsi besar yang keluar sangat halus. di tikungan pertama saya masih mencoba beradaptasi dengan pulsar 220 dan juga ban yang di pakai. setelah tikungan pertama lewat, rasa percaya diri yang di hasilkan dari adaptasi langsung muncul. saya pun memulai memainkan speed pulsar tersebut.

angin sentul yang notabene kencang, sangat tidak terasa ketika saya kencang di sirkuit sentul. belokan di sentul pun terlibas dengan halus dan sangan stabil. bajaj pulsar yang di bekali shock belakang nitro dan juga shock depan yang diameternya besar  130mm sangat membantu melibas tikungan yang ada. kenyamanan yang di hasilkan pun sangat optimal.

ada kejadian lucu dan membahayakan ketika saya menjajal pulsar 220 tersebut. saya tidak mengerti mengapa ada ibu-ibu berjilbab menyebrang di sirkuit. dan cukup mengagetkan. entah halusinasi atau tidak, tapi saya melihat dengan jelas ibu tersebut menyebrang. kejadian lain yang saya alami adalah susahnya memasukkan gigi ketika saya ingin shift up. kejadian tersebut pun di alami oleh beberapa tester yang saya tanyakan. apakah ini memang kekurangan atau hanya masalah teknis yang terjadi di lapangan saya pun tidak tau.

top speed yang saya dapat di straight sentul 124km/j. dengan beban saya yang 120kg saya rasa cukup. karena rata-rata tester hari itu di kisaran 130 km/j.

total 2 lap yang saya rasakan cukup memuaskan hasrat penasaran yang ada di diri. dengan kelebihan yang ada, bajaj pulsar yang di banderol 18.6 juta saya rasa sangat cukup di perhitungkan. kenyamanan dan stabilitas yang ada jadi nilai plus bagi bajaj pulsar 220cc ini.

About Anggi Wirza

masih berusaha jadi lebih baik, berusaha untuk membuat postingan yang bermanfaat untuk para pengguna otomotif roda 2 ataupun roda 4, blogger nubie :)

Posted on 10/03/2011, in Otomotif, sharing and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 60 Comments.

  1. Ini bukan sepeda bagus .. i am dari India dan motor ini memiliki banyak masalah … mesin mendapatkan memanas, kualitas dan masalah relaibility .. tak semulus Honda / Yamaha..engine setelah 2 tahun memberikan suara aneh … Bajaj di India telah meluncurkan model P220-Fi (Fuel Injected) dan itu gagal besar …

    Bahkan semua sepeda Bajaj memiliki masalah …

    • orang india yang tidak membantu membuat negaranya maju you better support what your country could achieve rather then combine with Honda and Yamaha. sudah good you have produk of your own bro…look us all motorcycle imported, but india ekported… kalau I jd You Bangga and kasih masukan but tidak usah bilang bilang sepeda tidak bagus bilang saja on developvement dan need improve, you talk to bajaj what need to improve
      I juga suka kirim email tentang kelemahan bajaj but email aja…

    • @dani tapi di indonesia sendiri ada komunitas bajaj pulsar, mereka punya bajaj dan di bawa riding jauh ke luar kota, jarak ratusan kilometer tidak ada masalah. saya juga bingung mana yang benar dan mana yang salah. entah perawatan yang salah atau memang bawaan dari bajajnya yang membuat motor jadi tidak berumur panjang.

      @lokesh saya sendiri sih belum memakai produk bajaj bro. tapi dari yang saya test di sentul, hasil yang di rasakan memang seperti itu adanya.
      untuk durabilitasnya belum bisa di ulas, karena saya pun belum mencoba untuk test durabilitas.

  2. VIDEO Berita di : http://goo.gl/oKsK1

    PT Bajaj Auto Indonesia
    Stephen Langitan Lakukan Tes Ride Motor Di Sirkuit Sentul
    Fri, 11 Mar 2011 14:56

    SPORTKU.COM – Mendapat kesempatan pertama untuk tes ride sebuah kendaraan beroda dua merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Sama seperti yang dirasakan oleh Stephen Langitan salah satu anggota Komunitas Blogger Otomotif Indonesia yang mendapat kesempatan untuk lakukan uji coba Bajaj Pulsar 220, kemarin (9/3) di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat. Selain Stephen hadir juga beberapa komunitas pengguna motor Bajaj.

    Dalam wawancara dengan Sportku.com, Stephen mengatakan secara umum Bajaj Pulsar 220 nyaman untuk dipakai, selain itu Stephen juga menambahkan ada hal yang paling menguntungkan, yaitu dari segi harga yang hanya dibanderol saharga Rp.18,6 juta. Dengan 5 pilihan warna biru, hitam, merah, silver dan orange…

    Berita di : http://goo.gl/oKsK1

  3. kurang sabar nih beli motor,,, liat harganya bikin mupeng :D harga sama ane dapet cc 3/4nya ….
    dulu ada isu klo ban depan bajaj licin, trus handling nya kurang ok,

  4. kurang sabar nih beli motor,,, liat harganya bikin mupeng :D harga sama ane dapet cc 3/4nya ….
    dulu ada isu klo ban depan bajaj licin, trus handling nya kurang ok,

    ko dibilang duplicate coment ama wordpress?????

    • ooo dopost,,,, sorry :D

      • gak papa bro.. :D

        kalo belum ngambil tiger juga saya bakal ngambil si 220 ini :)

        ban bajaj yang MRF saya baca-baca di forum pulsar (prides-online) kalau benar-benar kering kondisi jalanan dia gak licin. saya juga udah ngerasain sih kalo kering banget kondisi jalannya gak licin. tapi kalau basah belum berani coba. :) handling yang saya rasakan gak ada masalah. stabil dan nyaman.

        kalau masalah ban nanti bisa ganti pake yang kompon bannya lebih baik. produk lokal bisa pake corsa yang harganya masih wajar. selain itu ada juga FDR. kalau impor bisa pakai bridgestone battlax aja, atau pirelli sport demon..

        3 merk (kecuali pirelli) sudah pernah saya coba dan gak ada rasa kecewa. kalau pirelli teman2 saya pakai sih bagus dan bisa bersaing dengan bridgestone :D

  5. Wah bajaj kurang 0ke tu. . .soalnya shock belakang masih menggunakan double shock. . .bajaj kurang inovatif. . .
    Mending beli yamaha byson yg lebh sport n macho. . .malah kecepatan byson gx kalah2 amat wlpun 150 cc bisa di geber hingga 131 km/jm,produknya pun berkualitas lagi. . .

    • setiap pabrikan pasti punya maksud masing-masing dalam segi desain..

      mono atau dual saya rasa masing-masing ada kelemahan dan kelebihan. monoshock jelas lebih stabil. tapi dual gak kalah juga, shock pulsar sudah nitrogen. byson belum.

      mungkin bisa di katakan pulsar itu dual shock rasa monoshock, karena pemakaian shockbreaker bernitrogen itu :)

      kalau dari segi durabilitas sih saya rasa dual shock masih mumpuni. apalagi kalau doyang bawa utilitas box belakang. beban tekan yang terjadi karena pemakaian box belakang atau samping bisa dengan baik di redam bila dengan pemakaian dual shock breaker.

      kalau segi kecepatan dari segi kapasitas mesin pun beda jauh. nah sekarang tergantung jokinya. tega atau enggak ngebejek mesin motor tunggangan :)

      pulsar standar 130 lebih masih tembus kok. malah kalau gak salah gas masih bisa di bejek lagi. semua harus di rasakan gak cukup lewat tulisan aja :)

  6. 1.aq sich pengen tau irit gak tuh motor 1 liter bensin dpt brp km???
    2.kecepatan max yg sebenar x brp sich???
    3.klo spearpart x dkalimantan mudah didpt gk terutama kalimantan tengah??
    4.toooh mesin ketahahan x klo aq bwa 800km mampu gk?????
    5.klo aq bwa tiap minggu sejauh 800 km selama 4 taun masih bgus gk tuuh motor??????

    • coba saya bantu ya brader..

      1. jujur saya belum tau berapa banding berapa untuk 1 liter bensinnya. tapi kalau sepenerawangan saya, untuk 220cc paling enggak 1:30 bisa dapet untuk segi keiritan
      2. kecepatan maksimal pada waktu test sentul tembus 130sekian, kondisi standar pabrikan.
      3. nah masalah sparepart ini, bajaj sedikit sulit dibandingkan dengan pabrikan lain. tapi selama disana ada bengkel resmi, saya rasa gak ada masalah. paling sedikit inden jika ada sparepart yang belum ada stok.
      4 & 5. saya rasa selama tetap melakukan servis dan penggantian oli yang rutin, semua motor pasti awet. tapi namanya produk massal, pasti ada yang gak perfect. tapi paling enggak kita sudah melakukan servis berkala. dan kalaupun ada bagian mesin yang rusak karena cacat, garansi mesin bisa kita klaim ke bajajnya langsung :)

  7. tolong masukannya..gan tinggi badan saya 168cm,BB 58kg, kira2 nyaman gak ya saya mengendarai pulsar 220cc..soalnya saya niat mau beli nih motor…

  8. untuk tinggi mungkin nanti pas naik di atas motornya masbro rada jinjit sedikit. untuk berat, saya rasa tidak ada masalah. mungkin dengan berat badan yang ada, masbro akan ngerasa sedikit keras shocknya. soalnya beban tekannya rada kurang. tapi masih bisa di akalin dengan penyetelan gas nitrogen di shocknya :)

    kalo saya beban 120kg dengan tinggi 170an anteb banget masbro.

    semoga bisa menjadi masukan

  9. Udah tanya2 temen ni mau beli motor macho. Pikir2 mau ambil Bajaj. Sy tinggi 171 berat 78 kg. kira2 pas ngga ya?. Masalah perpindahan gigi itu gimana ya, apakah selalu seret – atau pada waktu2 tertentu? Dan apakah motor ini lebih cocok untuk touring dibandingkan dengan pemakaian sehari2 ?. Kalau dengan harga 18 jt, untuk touring harus diuji nih..tapi kayaknya pasti bagus tuh.

  10. bantu jawab ya mas, :)

    dengan tinggi dan berat mas harixx saya sih bisa memberi masukan pas. dari tinggi ok pas lagi berhenti ketika macet ataupun di lampu merah gak akan jinjit kakinya. untuk berat cukup proporsional kok. masalah perpindahan gigi saya kurang tau. mungkin nanti bisa di akalin dengan memakai oli yang lebih bagus dan juga penyetelan koplingnya.

    kalau di bilang lebih cocok untuk turing, menurut saya sih enggak juga kok. untuk pemakaian dalam kota cukup mumpuni. kan kalau ada motor yang akan muncul pasti testnya di pemakaian dalam kotanya. untuk ke luar kota tetep ada sih. tapi tidak seserius di pengetesan dalam kota.

    untuk touring, boleh di coba. bisa main-main ke forum bajaj pulsar di http://www.prides-online.com disaa banyak pulsar di “siksa” untuk ke luar kota. gak cuman jalan halus, masuk-masuk ke semi offroad juga ada :mrgreen:

    baru-baru ini ada juga yang pakai pulsar 220 lagi turing dari jakarta ke semarang lalu ke bromo. bisa main ke rialhamzah.wordpress.com

    semoga bisa jadi gambaran mas harixx :)

  11. Mau nanya mas gosip tntang smua mtor bajaj apa bnar stlah pmakaian 10000 mtor banyak krusakan. Di gigi nya. Di kopling di mesin nya n banyak lg itu yg saya baca di intrnet. Saya dri bali mas

    • untuk gossipnya sih saya belum pernah dengar mas. gigi maksudnya gigi persneling atau apanya ya?

      kalo masalah kopling, semua tergantung pemakaian. kalau sering riding dengan 1/2 kopling, kopling semahal apapun pasti cepat haus atau cepat minta ganti.

      untuk masalah kopling, oli dan cara pakai yang gak sesuai, bisa mempengaruhi umur kopling tersebut mas. :)

  12. saya bingung, mau beli pulsar 220cc type DTS-i atw DTS-fi dan desainya bagusan mana, dan kecepetannya enak mana dan modelnya bagusan apa dri DTS-i dan DTS-fi?

  13. tpi saya sudah banyak mengetagui bahwa lebih bagus model dts-fi.. tpi bingung juga mau ambil mana? hhh bingung>>>>

    • dari yang saya tau, pt. bai itu hanya ngejual tipe motor dts-i. karena masih pakai karburator. nah kalo dts-fi dia injeksi DTS-fi (Fuel Injection), saya pun belum pernah lihat ada di jalanan jakarta.

      kalau dari kecepatan, tetap dtsi. karena dia karburator. meskipun bajaj pakai karburator tipe vakum, semua masih bisa di oprek dikit biar bisa ngacir.

      sementara kalau dts-fi dia injeksi. yang harus di setel di sistem komputerisasinya. bengkel biasa masih belum bisa. mau gak mau harus ke bengkel resmi. ( kalau tipe dts-fi sudah tersedia)

      kalau model, semua sama. hanya beda di teknologinya aja mas :)

      dari situs bajaj indonesia di sini pun gak ada yg dts-FI :)

      http://www.bajaj-indonesia.com/en/product/pulsar-dtschr19i-220/

  14. saya berniat membeli pulsar 220 cc dengan warna merah tapi agak kurang sreg dengan pairing nya, kira2 bisa diganti pakai pairing apa yang bisa keliatan lebih keren ?
    dan saya juga penggemar ban besar, untuk memaksimalkan ban depan dan belakang pakai yang berapa yah ??

    tengkyu bro ,,,,,,,

    • untuk masalah fairing, half fairing yang di suguhkan pt.bai itu emang kurang familiar untuk masyarakat indonesia.

      tapi udah ada kok asesoris yang bikin si p220 jadi terlihat full fairing. cuman ada yang bilang, dengan pemakaian full fairing, suhu mesin jadi rada meningkat. kalau di ganti dengan model lain, saya kurang tau mungkin bisa tapi harus di sesuaikan kembali dudukan fairingnya ke motor pulsar.

      solusi lain paling mengganti batok lampu dengan pulsar 200 atau 180.
      padahal half fairing gini mirip sama ducati multistrada lho mas, lama-kelamaan keren juga kalau di lihat. tapi semua tergantung pilihan mas aja. :)

      untuk masalah ban, depan memakai ukuran 100/80 dan belakang 130/80 udah cukup banget. atau depan 100/90 belakang tetap 120/80 tapi dengan memakai kompon ban yang lebih baik cukup :)

      kalau terlalu besar juga rada ribet mas, kalau yang bagian depan bisa mentok ke besi pegangan spakbor depan. nah kalau yang belakang, bisa kena tutup rantai. sehingga harus mencoak tutup rantai atau sampai mencopotnya. kalau sampai mencopot tutup rantai saya saranin sih jangan. selain rantai cepat kotor, nanti umur rantai bisa makin pendek
      :)

      semoga masukan saya bisa membantu mas

      • kira2 ada ide ga untuk memodifikasi pulsar 220 cc supaya keliatan seperti real motor sport ?

  15. motor sport berfairing ya?

    sport fairing dan tetap fungsional menurut saya itu :

    1. pemakaian fairing full. bisa beli jadi kayak di otista atau kebun jeruk ( tapi kayaknya sih barangnya jarang buat pulsar) atau custom di modifikator lokal. lebih rekomendasi mana? kalo saya sih lebih ke custom di modifikator. selain bentuk bisa di sesuaikan sama kita, komposisi antara fairing dan body motor jelas bisa lebih bagus. harga juga beda, pasti lebih mahal yang custom mas.

    2. memakai kaki-kaki lebar dan besar.
    sebenernya ini optional. bisa pakai yang besar dan lebar, atau bisa juga pake ukuran kayak standar cuman di ganti dengan kompon ban yang lebih baik. kalau mau pake part standarnya aja bisa, pake ukuran ban depan 100/80 dan belakang 130/80 aja udah gede banget. sama kayak tiger yang pake ukuran velg depan 2 inch dan belakang 3inch.
    atau kalau mau pake velg lebar dan ban besar bisa pakai velg variasi. hanya, kekuatan velg variasi masih di ragukan (menurut saya) tapi selama pemakaian wajar sih gak masalah.. :)

    kalau pemakaian velg lebar, ban besar tapi arm gak support susah juga mas, yang jelas kalau pemakaian ban di atas ukuran 140/80 harus ada yang di custom lagi. dari mulai arm dan juga gear serta dudukan shock breakernya.

    kalau saya sih lebih menyarankan memaksimalkan part standar dulu aja. soalnya kualitas bawaan pabrik sudah baik. kalau fairing sih sekarang udah ada yang jual fairing tambahan untuk p220 jadi terlihat full fairing.

    3. pemakaian cakram depan lebar
    variasinya banyak. disini karena masalah keselamatan, sebaiknya di pilih cakram yang berkualitas. ada harga ada rupa juga. :)

    4. bisa ganti model spakbor pakai model ninja 250 atau model yang lain sudah cukup keren :)

    saya rasa sih dengan modifikasi yang plug and play tanpa modifikasi yang ekstreme seperti yang di atas ( kecuali mengganti ban ukuran 140 ke atas. karena rubahannya bisa jadi banyak) sudah cukup fungsional. di bawa jalan enak, di lihat keren, dan juga gak ngerepotin mas

  16. halo mas bro..
    gw jg hobi otomotif nih, mw nanya, gw lg mw cari motor laki yg cocok, nah gw liat bajaj 220cc lgsg jato cintrong, menurut lo nih motor rekomendasi ga ya?cos gw lg meng-compare antara new megap*o, sama bajaj 220cc ini, kira2 kelebihan dan kekurangan nih motor apa?yang masbro ketahui yah,,bantu share aja..monggo..

    • untuk new megapro saya belum pernah coba mas, jadi cuman bisa ngasih kelebihan dan kekurangan si p220 aja :)

      kelebihan :

      – power dan torsi besar.
      – nyaman. karena di dukung suspensi yang besar ( bagian depan) dan nitrogen ( bagian belakang)
      – lampu utama terang dan ada fitur dimana ketika lampu utama mati, dia otomatis menggeser lampu utama yang masih hidup. misalnya lampu dekat mati, dia otomatis pindah ke lampu jauh tanpa menggunakan switch yang di stang
      – ban depan dan belakang sudah tubeless
      – kaliper rem kualitas baik. menggunakan kaliper bybre yang dimana bybre tersebut adalah masih dalam 1 pabrikan brembo hanya beda di kakak dan adik saja :)

      kekurangan :

      – posisi spion yang kurang pas. rada bergetar dan rada susah di stel supaya dapat mendapatkan posisi yang pas ( untuk beberapa orang)
      – ketersediaan sparepart yang masih sulit. tapi sudah dalam penanganan pt BAI
      – pengurusan surat kendaraan ( STNK, platnomer dan BPKB) lebih lama dibanding motor lain.
      – menggunakan stang jepit ( tergantung selera) tetap bisa di ganti pakai setang seperti motor laki lainnya sih, cuman perlu menambah dudukan stang atau raiser supaya bisa di pasang.

      kurang lebih, seperti itu kelebihan dan kekurangan pulsar 220cc mas, semoga bisa membantu

      masukan saya, kalau tidak terlalu mementingkan merk pulsar ini bisa di pilih. tapi kalau mas ingin service aftersales ( ketersediaan sparepart dan part pendukung lainnya) bisa memilih pabrikan jepang. tapi kedepannya, PT BAI sudah dalam tahap penyempurnaan internal dan eksternal. baik dari kualitas, dan kuantitasnya mas.

      • STNK lama turun itu wajar klo moge..paling lama 1bln..paling cepet 3minggu…sama halnya dengan motor Ninja..cair 1bln stnk BPKB nya..jd wajar klo moge cairnya lama..jgn disamakan dengan motor bebek

  17. waduh pgn bgtz ma pentolanx bajaj nich
    mo bli pi gag da dealerx d madiun

  18. mas, mau tanya ,,,,,,
    Kalau saya pasang fairing modifikasi yang jelas sudah tidak standart lagi bentuk motornya ditambah lagi penambahan dudukan untuk fairing nya, pihak bajaj masih bisa terima tidak untuk free service dan continou service, mengingat motor yang sudah tidak standart lagi ? thx

    • harusnya sih tetap bisa mas, paling beda di waktu pengerjaan aja, lebih lama beberapa menit karena proses pelepasan dan pemasangan fairing :)

      selama mesin masih standar mah pasti di terima kok :D

  19. Byson 131 Km/H…masa bro????motor keberatan badan gt..klo masih standart ane kurang yakin dah..tp g tau klo udah korekan..he..e..
    lagian finishing byson jg ga bagus2 amat..banyak jg kn bloger yang nulis klo kondom tangkinya ada yang retak..

  20. mas mau nanya dong …… kenapa ya pulsar 220cc kalo masih baru tarikanya kurang ….. satu lagi mas …. kalo di jalan basah/hujan tadi saya lewat ban belakangnya itu rada licin mas …… mungkin harus service atau gimana mas ? saran mas :D

    • kalau baru awal memang masih kurang enak mas, tunggu sehabis servis pertama dulu saja, nah selama di kilometer awal di rasain dulu aja apa kekurangan di sektor mesinnya. ketika servis pertama langsung di curhatin ke mekanik bengkel resmi. mudah-mudahan komunikasi yang mas kasih tau ke mekaniknya bisa di transfer ke settingan mesin si p220nya :)

      kalau masalah ban sih beberapa orang banyak yang bilang ban bawaannya yang MRF rada licin kalo pas hujan, tapi gigit pas kondisi kering. solusinya ya mau gak mau ganti pakai merk ban lain. dari yang impor sampe merk lokal :D

  21. harga yang bener berapa sih bajaj 220 ini, q tanya di surabaya qk 21 jta, padahal di iklanya 18,6 jt

    • oh iya mohon maaf, harga 18.6 itu harga on the road jakarta. jadi untuk wilayah lain pasti ada perbedaan harga. karena memang begitu dari sananya :)

      kok bisa harganya berbeda?
      karena ongkos kirim ke daerah itu yang membuat harga sedikit beda dengan daerah jakarta :)

  22. Dear all pemakai dan penggemar motor pulsar 220, saya sudah merasakan power dan kecepatan 220, namun satu hal yang kami sesalkan bentuk fairingnya yang tidak mendukung, setelah saya tanya2 ternyata saya mentok pada satu bengkel di daerah ciledug, dengan pulsar merah yang saya miliki dimodifikasi abis oleh pemilik bengkel “Berkat Motor” now it look like moge, coba deh.

    Thanks Berkat Motor

  23. mas, saya mau tanya, pulsar 220 saya sdh ganti knalpot variasi, menurut orang bengkel resmi pulsar untuk menambah power motor harus ganti pilot jet 17,15 main jet 117,5 dan pakai koil scorpio, bener tidak ??

    • penggantian pilot jet ataupun mainjet semua tergantung keinginan mesin.

      kalau dengan PJ/MJ standar udah enak gak perlu. kalo tetep diganti ujung-ujungnya malah pembuangan duit tuh :D

      kalo emang dari hasil pembakaran busi kekeringan ( identifikasinya kepala busi berwarna putih ) dan udah paling maksimum setelan pengkabutan karbunya ya mau gak mau harus upgrade dibagian pilot atau mainjet. dipilih salah satu dulu. kalo penggantian salah satu aja masih belum, bisa ganti dua-duanya.

      pakai koil scorpio untuk apa?
      pembesaran api kah?

      saya rasa sih standarnya p220 udah cukup deh

  24. mas, saya mau ganti busi standart P 220 dgn model iridium, tipe busi motor apa yang cocok utk busi iridium nya?
    mohon pencerahannya mas….thanx

  25. mass,,,saya baru beli pulsar 220cc….tp saya kurang suka sama kenalpotnya,suaranya jd kyk racing gitu,,,kalo di ganti sama knalpot tiger/ninja bs gk..

  26. tp nanti jadi lebih aneh gk mass???takutnya malah jadi aneh x??makasi mass ^_^

    • lho bukannya suara knalpotnya adem ya?

      diganti bisa kok, tinggal disesuaikan saja sama lehernya atau bikin leher sendiri lagi ditukang knalpot. sayang soalnya kalo leher asli dipotong2 :)

      untuk referensi bisa main ke prides-online.com

      monggo tanya2 kesana biar makin yakin :)

  27. mas ,,,,,,,, mau pasang undertail pulsar 220, ada yang bisa langsung plug and play ?

    • wahduh mohon maaf, kalau undertail untuk pulsar saya kurang tau mas.

      btw, motornya keren banget mas :D

  28. ok..makasi y ^_^

  29. mas, aku mau beli pulsar..
    tinggi ku 170 cm.. untuk perempuan seperti aku, motornya terlalu berat nggak yah??
    makasih..

    • untuk tinggi 170 saya rasa cukup untuk naik pulsar.

      nah masalah berat, berat motor pulsar memang sedikit lebih berat dibandingkan motor laki yang lain yang sejenis ( tanpa fairing )

      tapi lama kelamaan akan terbiasa kok. udah banyak juga perempuan yang pake pulsar :D

  30. pulsar 220 cc di rembang jateng biaya pajak baru kok mahal kenapa ?

  31. bimoaryobimo

    mas mau nanya nih, tinggi badan saya 175cm dan berat saya 75kg kira2 cocok nggak dengan motor ini secara tampilan. sebelumnya saya memakai motor Tiger revo dan posturnya cocok.

    • dari tampilan, saya rasa cukup proporsional mas.

      gak kegedean motornya juga. cuman kalo dari tiger revo pindah ke pulsar 220 rada penyesuaian dari bentuk half fairing sama lampu utamanya aja :)

  32. saya punya pulsar 200 yg dulu ,, udah 4thn suara msin msih halus .. n g ada masalah

  33. pulsar 220 saya lampu dekatnya putus, kalau diganti dengan yang 100 w gimana? cz yang bawaan 55 w.

    • kalo bisa disamain aja speknya sama kayang yang sebelumnya terpasang.

      kalau di perbesar memang jadi lebih terang, tapi listrik yang dibutuhkan jadi lebih besar. takutnya tekor. p220 gak ada kick staternya juga. lebih baik tetap 55wat :)

  34. gw pemakai pulsar 220 mau ksh info
    kelemahan:
    *ga ada engkol(kick starter)meskipun ga terlalu pengaruh
    *kabel speedo nya ngikut kalo lg belok, klo yg belum biasa pasti kegok
    *ga ada key lock shutter..disarankan pake kunci ganda..antisipasi maling
    *motornya nya berat bgt kalo yg blm biasa bisa ngos2an gesernya
    *sen nya terlalu sensitiv, kalau belok dikit langsung mati otomatis..baiknya sen ini pas belokan tajam
    *lampu sen depan dan belakang terlalu besar
    *knalpot ori nya terlalu besar
    *body seat nya kurang lebar, ga imbang kalo pasang full fairing
    *ga ada bagasi box(motornya laki bgt)
    *dari mesin nya cepet panas kalau macet,
    *lampu depan terlalu ke bawah sorot nya..jd kalau malam ga begitu kliatan utk penglihatan jarak jauh, harus pake lampu serep
    *blum full fairing kalau baru beli, untung2an kalau dapet fairing dari dealer..maklum motor harga terjangkau, jd siapin duit sampe 1jt buat cari full fairing yg bagus
    *settingan shock depan terlalu tinggi daripada dibelakang..jd kurang serem
    *body 70% msh mirip dengan pulsar 180/200
    *gigi step 1 dan 2 kurang nendang tarikannya..tp top yg serem nya di gigi 5
    *dengan cc gede mestinya jgn 5speed..menurut gw harusnya P220F ini sampe 6 speed..baru deh sejajar dengan gas nya..tp 5speed tetep enak
    *stang garpu depan pulsar 220 uda permanen jd gabisa disetting tinggi/ turunin depan nya…
    *sparepart nya mahal dan jarang(mesti indent kalau lg kosong, import langsung dari india) tp bnyk orang yg mengakali dengan part yg menyerupai pulsar..kyk accu nya bisa pake GS astra..liat ampere nya aja
    *kalo mau service ngantri nya panjang bgt bikin pusing, harus dateng pagi2 biar dapet paling depan..karena bengkelnya bisa diitung
    *manajemen nya ga baik, ya gw setuju karena investor nya msh rada2 takut buat populerin Bajaj Pulsar
    *pelayanan ga memuaskan sudah hampir semuanya setuju sama pulsarian, itu karena sifat orang indonesia yg kerjanya mau enak dan santai..bkn karena dari pihak india nya..harusnya manajemen kontrol nya lebih tegas dan baik lg
    *blm mono shock
    *shock belakang kurang tinggi

    Tp kelebihan nya jg bnyk
    *yg paling utama adalah Best Value buat kantong
    *irit sudah pasti, 1liter bisa 50 s/d 60km dengan kecepatan 60km/jam, busi nya 2.. kalau ga percaya jajal aja punya tmn/ tanya yg pake pulsar..moge paling irit cuma pulsar..jd kantong lo aman bgt
    *body besar dan panjang
    *lampu utamanya terang bgt dan tajem jd klo mlm hari ga usah khawatir gelap, blm lg lampu serepnya..hati2 aja kalo buat isengin pada mlm hari..bisa sakit mata
    *mesin nya bisa dibilang bandel
    *suara halus dan ga berisik(bersahabat deh kalo lg lewat perumahan/perkampungan org)
    *pindah step nya ringan bgt
    *karena bobotnya berat, stabil dijamin kalo lg kecepatan diatas 120km
    *klakson nya setara dengan mobil
    *kalau belokan stabil ga gampang goyang kalo lepas tangan dengan kecepatan 30/40km
    *double cakram
    *macho gagah
    *speed nya setara dengan CBR 250..byson, vixion, megapro, tiger, scorpio kalah..lewat dah itu jg bensin gw premium..ga boong..
    *persaudaraan nya kuat, klo sama2 pulsar lewat jgn heran diklaksonin
    *biaya servisnya sama aja dengan moge honda..tp ada 2 golongan..servis ringan dan berat..servis ringan 150rb..klo servis berat bisa kena 250rb tp itu jg utk jarak tempuhnya cukup jauh
    *shock depan empuk bgt, msh enak klo kena lobang
    Uda sgtu aja ga usah bnyk2

    Tips dari gw
    *kalau P220 yg doku nya pas2an jgn kebut2an..sayang nanti kalau part nya harus ganti ga sanggup beli, biasa aja kemudinya
    * touring boleh2 aja, tp lebih enak yg kantongnya tebel..smakin sering di gunakan, smakin cpt rusak
    *kalau pasang box belakang manfaatnya bnyk tp liat resikonya..beban jd lebih berat dan ngrusak body..blm ditambah penumpang
    *pakai oli yg cocok, gw pake oli enduro racing..jgn pake shell..cpt bgt panasnya
    *rajin2 servis, kalau bisa sebelum kilometer nya lewat, biar tetep handal
    * sekali lg manajemen nya ga baik dibenarkan tp blm tentu dengan motor2 produksinya..motornya bagus ko..test aja dan bnyk yg pake pulsar..
    *jgn dengerin orang kalo bilang pulsar mesin nya jelek, di indonesia uda lumayan bnyk tp motor pulsar bnyk yg pake di dunia..contohnya mexiko, spanyol, thailand dll..klo ga percaya liat yutube aja..jd jgn takut..ini cuma permasalahan investor india aja yg blm berani naro sahamnya yg besar di indon…
    *kalo mau beli pulsar 220 baiknya utk yg tingginya 175cm keatas dan postur sedang karena motor ini tinggi dan bobotnya bisa dibilang lumayan
    *ini yg paling penting..kalo mau beli P220 liat hadiah bonus dan courtingannya..gw dapet di dealer harapan baru..bagus bgt..dapet helm full face MDS tebal dan berat ditambah potongan harga 1jt buat cash..klo kredit 1,2jt potongannya..jd mau yg mana terserah..hampir di dealer2 ga ngasih courting..helm jg half face..jd terserah kalian mau beli di harapan baru bekasi jg boleh.agak jauh tp ga mengecewakan..dijamin puas dan pelayanan harapan baru cukup baik..orang cina best sales deh

    gw bukan mendoktrin kalian atau melebihkan, tp ini berdasarkan pengalaman dan opini gw tentang motor P220 gw..

    buat yg punya P220 klo mau beli fairing full atau tanya2
    thx

  35. om bondan thanks ya,banyak benernya,,,,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,120 other followers

